JORRW2 Terkendala Tanah Perusahaan Properti

Ilustrasi proyek pembangunan jalan nasional
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Meski terkendala pembebasan lahan, Kementerian Pekerjaan Umum akan tetap meneruskan pembangunan jalan lingkar luar barat 2 atau Jakarta Ring Road West 2 (JORRW2) yang menghubungkan Kebon Jeruk dan Ulujami sepanjang 7,8 kilometer.

Seperti disampaikan Ketua Tim Pengadaan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Ambardy Effendy, kendala ada pada pembebasan tanah milik PT Copylas Indonesia, sesuai dengan keputusan Pengadilan Tata usaha Negeri (PTUN) nomor 67/6/201/PTUN-JKT tertanggal 15 Agustus 2011.
 
"Tanah seluas 146.629 meter per segi itu memang bukan bagian dari fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) seperti yang dimaksud  Gubernur DKI Jakarta," ujar Effendy kepada VIVAnews.com.

Karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum memastikan tidak akan ada pembatalan pembangunan jalan ini. Dana konsinyasi atau menitipkan uang kepada pengadilan untuk pembayaran tanah milik perusahaan properti itu juga sudah siapkan.

"Dana yang disediakan Rp200 miliar, dan tidak ada masalah dengan uang ganti rugi itu," katanya lagi.

Pembangunan jalan tol JORR W2 Utara ini sudah sangat mendesak untuk dikerjakan. Ditargetkan pada 2012 sudah selesai sehingga mengurangi kepadatan dan kemacetan Tol Dalam Kota.

Pembangunan jalan bebas hambatan ini akan  dibagi empat tahap. Tahap pertama adalah membangun ruas Meruya Utara-Meruya Selatan, kemudian Meruya Selatan-Joglo, kemudian dilanjut ruas Joglo-Petukangan Utara dan Petukangan Selatan-Ulujami.

Pada sisi selatan, ruas tol ini akan terkoneksi dengan jalan tol JORR Cikunir yang sudah beroperasi lebih awal. Kemudian pada sisi utara akan terkoneksi dengan jalan tol JORR W1 yang sudah beroperasi setahun lalu dengan tembus jalan tol Bandara Soekarno Hatta. (eh)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024