Air Kalimalang Hitam, Pasokan Jakarta Aman

Pencemaran kali Ciliwung
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Direktur Operasional PT Aetra, Lintong Hutasoit memastikan bahwa tercemarnya air yang mengalir di sungai Kalimalang tidak membuat pasokan air bersih untuk warga DKI Jakarta menjadi terganggu. "Kami pastikan pasokan air ke Jakarta tak akan mengalami gangguan apapun," kata Lintong.

Ia menyayangkan kondisi air baku di Jakarta yang sangat rentan terhadap pencemaran. "Kondisi air baku (sumber air) di Jakarta, rentan terhadap pencemaran semacam ini," tambahnya.

Sampai saat ini, kata dia,  pihaknya masih mencari tahu apa penyebab keruhnya air di Kalimalang itu. "Dari indikasi awal mengenai ciri-ciri fisik, kemungkinan ada pencemaran limbah pabrik," ungkap dia.

Namun Lintong tidak berani menuduh pihak mana yang mencemari air sungai. Pihaknya berjanji untuk terus mengupayakan pasokan air bersih ke Jakarta tidak terganggu.

Presiden Direktur Aetra, Muhammad Selim, mengatakan telah menghubungi Perum Jasa Tirta II, dan PAM Jaya soal keruhnya air Kalimalang itu. Namun hingga kemarin sore warna air masih belum juga berubah. "Mungkin dianggap sudah biasa kalau hujan pertama kali airnya akan seperti itu," tutur Selim.

Selim mengaku tidak tahu persis limbah seperti apa yang mencemari air sungai kalimalang. "Saya tidak tahu jenis limbah seperti apa, harap dikonfirmasi ke Perum Jasa Tirta II, dan PAM Jaya ," ujar Selim.

Sedangkan menurut Kepala Divisi Pengolahan Air Perusahaan Umum Jasa Tirta II, Sutrisno, limbah yang mencemari air sungai Kalimalang berasal dari kiriman air Cileungsi dan Cikeas di hulu kali Bekasi akibat hujan di Bogor.

Air yang mengalir di Sungai Kalimalang sekarang menjadi lebih keruh dari biasanya. Warna air tampak lebih hitam, dan sekilas seperti berminyak. Menurut Muchtar, Ketua RT 03 kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, air sungai selalu terlihat lebih hitam setiap pagi hari.

Banyak warga yang khawatir perubahan warna dan minyak di air sungai berpengaruh terhadap air tanah yang biasa diminum warga.

"Takutnya air ini mempengaruhi air tanah yang dipakai oleh warga," katanya. Air sungai Kalimalang mulai berubah warna sejak Minggu pekan kemarin.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024