Buruh Tutup Jalan, Kawasan Daan Mogot Macet

Demo RUU BPJS SJSN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Buruh Kota Tangerang, menggelar aksi menuntut kesejahteraan buruh. Aksi ini digelar dengan memblokir Jalan Daan Mogot Tangerang. Akibatnya, kemacetan panjang tidak dapat dihindari.

Buruh memblokir jalan mulai dari lampu merah Tanah Tinggi sekitar satu jam. Mereka melakukan unjuk rasa dengan melakukan orasi persis di tengah jalan.

Akibat aksi blokir jalan ini, akses jalan baik dari arah Kota Tangerang yang menuju ke arah Kaliders ataupun arah sebaliknya macet parah.

Selain itu, akses Jalan Sudirman dari Cikokol juga Jalan Pembangunan III arah dari Pintu M 1 Bandara Soetta juga ikut terhambat karena aksi buruh.

Sejumlah kendaraan memilih untuk berbalik arah menghindari perempatan lampu merah tanah tinggi. Masa buruh melarang pengguna jalan untuk melintas.

Dari pantuan VIVAnews, puluhan personel polisi dari Polres Metro Tangerang terlihat melakukan pengamanan. Satu mobil water canon juga sudah disiagakan dalam aksi kali ini.

Pengujuk rasa menuntut pencabutan Peraturan Pemerintah no. 17/2005, yang dinilai syarat politik upah murah. Masa juga meminta penetapan kenaikan UMK Kota Tangerang tahun 201e dari Rp1,3 juta menjadi Rp2,8 juta, sesuai dengan kebutuhan hidup layak buruh.

"Kita juga menuntut reformasi dewan pengupahan kota Tangerang, dan menolak outsourcing," kata Sasmita koordinator aksi saat berorasi, Rabu 7 Desember 2011. (sj)

Laporan: Muhammad Iyus| Tangerang

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae
Penyeberangan ASDP.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengungkapkan, pengguna jasa penyeberangan kini lebih baik dalam mempersiapkan perjalanan sejak jauh hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024