Pengerjaan Tiang Pancang JORR W2 Dimulai 2012

Perataan tanah untuk pembangunan jalan Tol Semarang-Solo
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Pembangunan Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2 Ulujami-Kebon Jeruk, telah memasuki tahap konstruksi. Pada Januari 2012, pengerjaan tiang pancang akan mulai dilakukan. Pembebasan lahan untuk pembangunan JORR W2 ini sebagian besar telah dikonsinyasi.

Ketua Tim Pengadaan Tanah JORR W2 Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Ambardy Effendy, mengatakan, pembangunan ini akan dibagi menjadi empat seksi, yakni seksi pertama Kebon Jeruk-Meruya, seksi kedua Meruya-Joglo, seksi ketiga Joglo-Cileduk, dan seksi keempat Cileduk-Ulujami.

"Sekarang sedang dikerjakan seksi pertama. Karena lokasi tersebut lahan yang diperlukan sudah dibebaskan semua. Setelah konstruksi di seksi pertama selesai dikerjakan, langsung dilanjutkan ke seksi berikutnya," kata Ambardy di Jakarta, Jumat, 9 Desember 2011.

Sementara itu, untuk pengerjaan konstruksi di seksi berikutnya, Ambardy memperkirakan dimulai pada Januari 2012.

"Pembangunannya memang molor, karena proses pembebasan lahan yang sulit. Tapi, sekarang kami jadwalkan ulang, semoga semuanya sesuai target. Akhir 2012 sudah dapat dioperasikan," ungkapnya.

Menurut Ambardy, saat ini pembebasan lahan di Jakarta Barat sudah mencapai 93 persen dan di Jakarta Selatan 78 persen. Sementara itu, sekitar 80 bidang tanah telah dikonsinyasi atau dititipkan ke pengadilan.

"Masih ada sekitar 140 bidang tanah lagi dalam proses pembebasan lahan. Kami terus usahakan secepatnya selesai. Jika tetap sulit, terpaksa akan dikonsinyasi juga," jelasnya.

Guna menentukan besaran harga ganti rugi untuk lahan JORR W2 telah diterbitkan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1907 Tahun 2010 tentang Perubahan Besaran Ganti Rugi Tanah dan Bangunan untuk Pembangunan JORR W2.

JORR W2 dibangun sepanjang 7,8 kilometer dari Ulujami-Kebon Jeruk. Di Jakarta Selatan, setidaknya ada tiga kelurahan yang terkena pembebasan lahan, yakni Kelurahan Ulujami, Petukangan Selatan, dan Petukangan Utara. Sementara itu, di Jakarta Barat, yakni Kelurahan Meruya Utara, Meruya Selatan, dan Joglo. (art)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024