Aparat Tak Berkarcis Ikut Ditertibkan di KRL

Kereta di DIPO KRL Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Petugas Kereta Api (KA) melakukan penertiban penumpang tanpa karcis di Kereta Rel Litrik (KRL) commuter line maupun kereta ekonomi. Penertiban dilakukan di Stasiun Cilebut, Bogor, Jawa Barat. Selain melakukan pemeriksaan karcis di pintu masuk, petugas juga mengawasi para penumpang yang naik di atap kereta.

Dalam razia itu, petugas tidak menemukan penumpang yang tidak memiliki karcis, melainkan, kartu trayek bulanan milik penumpang yang sudah kadaluarsa.

"Mereka yang kepadatan tidak memilik karcis akan kami minta untuk membelinya terlebih dahulu ," kata Kepala Stasiun Cilebut, Asep Dodi, Senin 16 Januari 2012.

Dia menjelaskan penertiban ini dilakukan setelah pendapatan di beberapa stasiun mengalami penurunan. Asep menambahkan di Stasiun Bojonggede, petugas menemukan empat ribu penumpang yang tidak memiliki karcis. Akibatnya, pendapatan berkurang drastis di stasiun tersebut.

Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi I, Mateta Rizalulhaq, menjelaskan penertiban juga dilakukan kepada aparat pemerintah yang tidak memiliki karcis. "Semua pengguna kereta, termasuk di dalamnya anggota TNI/Polri. Siapa pun termasuk juga aparat pemerintah," kata Mateta kepada VIVAnews.com.

Mateta mengakui jika selama ini pihaknya mengalami kesulitan dalam menertibkan penumpang KRL beratribut. "Oleh karena itu dilakukan pemeriksaan serentak seperti sekarang ini," ucapnya.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Menurut dia, jika ada aparat pemerintah yang kedapatan tidak memiliki karcis, maka petugas tidak segan-segan untuk menurunkannya. (sj)

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang
Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024