BNN: Artis Pasar Potensial Bandar Narkoba

Polda Ungkap Jaringan Narkoba
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Sumirat Dwiyanto, mengatakan di kalangan bandar narkoba, artis merupakan pasar potensial bagi penjualan barang haram tersebut. Sehingga tidak heran jika banyak artis yang tertangkap saat sedang mengkonsumsi narkoba. 

"Kaum artis ini kan orang yang sanggup mempengaruhi, diidolakan banyak orang. Mereka bisa mempengaruhi satu orang dan akhirnya banyak orang. Oleh karena itu artis menjadi pasar bagus bagi para bandar," ujar Sumirat kepada VIVAnews.com, Selasa 17 Januari 2012.

Menurut dia, banyaknya kaum artis yang mengkonsumsi narkoba tidak lepas dari gaya hidup dan mobilitasnya yang tinggi.

"Artis ini kebanyakan  overtime aktivitasnya, butuh penjaga stamina. Para bandar dengan mudah mempengaruhi. Dengan alasan jaga stamina pakai obat ini, padahal itu adalah narkoba," ucapnya.

Seiring popularitas yang kian meningkat dan pergaulan, terang Sumirat, artis terkadang mudah dipengaruhi sehingga tidak sedikit yang mencicipi narkoba setelah ia tenar.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

"Kadang alasannya adalah pergaulan, masalah gengsi, akhirnya ia konsumsi narkoba. Padahal sebelum jadi artis ia orang baik- baik," kata dia.

"Uang ia punya, teman banyak, pengikut apalagi, sehingga harga tidak menjadi pengaruh buat mereka," ujarnya lagi.

Meski demikian, Sumirat mengaku, pihaknya tidak menjadikan artis sebagai target penangkapan. "Kami tidak targetkan artis atau bukan. Mau dia artis atau tidak, kalau dia terlibat jaringan sindikat narkoba akan ditangkap. Kalau ia pemakai maka akan kami rehabilitasi sesua dengan undang-undang," ucapnya.

Sebelumnya, kepolisian Sektor Metro Sawah Besar menangkap salah satu penyanyi dangdut, Citra Yunitasari, 33. Dia ditangkap saat sedang berpesta narkoba di sebuah kamar kos kawasan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu 14 Januari 2012 malam.

Citra ditangkap bersama dengan salah satu teman laki-lakinya yang bernama Foe Susanto. Saat digerebek, polisi mendapatkan alat bukti penghisap sabu, korek api, alat pembakar berisikan narkotika jenis sabu sisa pakai.

Polisi akan mengembangkan penangkapan Citra karena diduga berkaitan dengan penangkapan tersangka BH yang ditangkap di tempat yang berbeda. BH ditangkap karena memiliki 1.800 butir esktasi. (umi)

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024