Suspect Flu Burung Tangerang Pelihara Unggas

Pemusnahan Wabah Flu Burung
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang langsung melakukan observasi menyusul adanya pasien dugaan flu burung berinisial RO (18). RO masih dirawat di ruang isolasi flu burung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

"Tadi pagi kami dapat informasi itu dan petugas langsung mendatangi rumah pasien serta melakukan observasi ke tempat tinggal pasien," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Nanik Isnaini, kepada VIVAnews.com, Sabtu 21 Januari 2012.

RO merupakan pemuda asal Kampung Ciodeng, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. RO terindikasi suspect flu burung setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Sari Asih, Karawaci, Kota Tangerang, sejak Jumat 20 Januari 2012, dini hari.

Nanik mengatakan, di rumah pasien ditemui banyak unggas seperti ayam dan itik. Namun, dari hasil pengamatan petugas tidak ada satu pun dari ternak peliharaan pasien yang mati.

RO menderita demam tinggi dan kondisinya terus memburuk. Gejalanya mengalami demam tinggi, suara serak, dan pernafasan sesak. Pasien diduga menderita suspect flu burung.

Saat masuk ruang isolasi, kondisi pasien sangat buruk dengan nafas sesak,  sehingga langsung diberikan pernafasan buatan dari mesin ventilator 100 persen VC. Adapun untuk tensi normal.

Sementara itu, Wakil Direktur Rumah Sakit Sari Asih Dr Avicena Indraswara membenarkan adanya kedatangan pasien. Menurut dia, pasien masuk dini hari dan sempat dirawat di ICU isolasi. Setelah dilakukan pemeriksaan pasien didiagnosis suspect H5N1.

"Langsung kami dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Selanjutnya, diintruksikan untuk dirujuk ke RSUD. Dan pihak RSUD yang datang menjemput pasien," jelas Avicena. (art)

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Gelar Rakornas Pilkada, PAN Harap Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024