5 Terobosan Baru Layanan Transjakarta

Antrian Penumpang Transjakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Rapat yang digelar Wakil Presiden Boediono dengan sejumlah pejabat terkait hari ini juga membahas peningkatan layanan Transjakarta. Pemerintah akan melakukan lima langkah untuk meningkatkan pelayanan angkutan yang akrab disebut 'busway' itu agar jeda antar keberangkatan busway hanya 3 sampai 5 menit.

Pertama, sterilisasi jalur busway yang lebih ketat lagi. Antara lain dengan penegakan peraturan bekerjasama dengan kepolisian, peninggian separator serta pemasangan palang-palang pintu.

Kedua, penambahan pasokan bahan bakar gas dengan pengaktifan kembali 10 SPBG pada April 2012 untuk memasok kebutuhan busway. Selain itu Pertamina akan menyiapkan empat pembangunan stasiun pengisian gas (daughter station) di Kalideres, Cililitan, Perintis Kemerdekaan dan Ancol.

Ketiga, penambahan bus baru sebanyak 178 unit yang akan datang pada Oktober 2012. Keempat, integrasi sistem tiket yang akan memakai tiket elektronik mulai Juni 2012 bekerjasama dengan Bank DKI. Targetnya, tiket busway bisa terintegrasi dengan tiket kereta api komuter di Jakarta.

Kelima, penambahan fasilitas park and ride yang kini tarifnya sudah terintegrasi dengan tarif busway. Mobil, misalnya Rp 8.000 per hari termasuk tarif busway. Pemprov DKI sudah membangun satu park and ride di Ragunan dan akan ditambah lagi di Kalideres, Kampung Rambutan dan Pulo Gadung.

Hadir pada rapat ini antara lain Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Keuangan Agus Martowardoyo, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, Kapolda Metro Jaya Untung Rajab, Kakoorlantas Mabes Polri Djoko  Susilo, Dirjen Migas Evita legowo, Deputi Gubernur DKI Jakarta Sutanto, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmydiany dan pejabat-pejabat yang terkait. (eh)

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi
Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024