Perampokan Toko Emas

Penyedia Tempat Aman Perampok Ciputat Dibekuk

Perampok dengan senjata api
Sumber :
  • ANTARA/ Arief Priyono

VIVAnews - Setelah menangkap tiga orang pelaku perampokan empat toko emas di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, polisi menangkap seorang yang membantu dalam perampokan itu. Penangkapan dilakukan di daerah Serang, Banten, Rabu malam, 29 Februari 2012.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, peran orang ini adalah membantu delapan pelaku bersembunyi dan menyediakan rumah aman atau safe house, di Serang, Banten, sebelum mereka melarikan diri keluar kota.

"Yang diamankan bernama Toni, dia mendapatkan uang Rp10 juta untuk menyediakan rumah aman. Dia bukan yang termasuk delapan pelaku perampokan," ujar Rikwanto, Kamis 1 Maret 2012.

Berdasarkan keterangan sementara tersangka, sebelum merampok toko emas di Pasar Ciputat, delapan pelaku bekumpul di depan pasar sambil menunggu kondisi pasar sepi. Mereka pilih saat sholat jumat saat situasi sepi karena tidak dijaga ketat.

Saat penjagaan lengah, pelaku secara bersamaan masuk pasar. Sebelumnya mereka telah menyiapkan dua mobil yang digunakan setelah melakukan perampokan.

Dua mobil yang disiapkan, kata Rikwanto yakni mobil Toyota Avanza dan Toyota Rush. Meski ada beberapa pelaku yang semula datang menggunakan motor ke Pasar Ciputat.

"Mobil Avanza sudah berhasil kami amankan, dan sekarang masih digunakan untuk pengembangan. Mobil itu ditemukan di Serang, Banten bersama dengan Toni," kata Rikwanto.

Hingga kini, barang bukti yang berhasil diamankan polisi ada tiga handphone, tas berwarna hitam berisi uang Rp 146 juta, tas kecil berisi Rp135 juta dan uang dari tersangka Tono, sebesar Rp10 juta.

Seperti diketahui, depalan orang perampok menggasak empat toko emas pada Jumat 24 Februari 2012. Para pelaku yang datang saat waktu salat Jumat ini mendatangi toko dan menodongkan senjata api kepada para penjaga toko emas lalu kemudian menembakan senjata api ke dalam toko. Setelah itu, para pelaku memecahkan kaca dengan martil lalu mengambil perhiasan kemudian melarikan diri.

Dari lokasi kejadian polisi menyita sejumlaj barang bukti yakni dua unit sepeda motor Yamaha Jupiter MX B 3327 KBQ dan Yamaha Vega K 3474 SAN, dua proyektil peluru yang sudah berbentuk pipih, satu selongsong peluru jenis FN, dua selongsong peluru jenis colt 38, satu laras senpi jenis colt, satu martil bergagang kayu, dan pecahan kaca. (umi)

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024