Beri Gerbong Kosong ke Foke? Ini Jawaban PAN

Maruarar Sirait dan Dradjat Wibowo
Sumber :
  • VIVAnews/ Anggi Kusuma Dewi

VIVAnews - Posisi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pilkada DKI Jakarta dipertanyakan. Sebab, Didik J Rachbini, yang dipasangkan dengan calon gubernur Hidayat Nurwahid, mengklaim didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Ia mengatakan, dukungan PAN ke Foke hanya 'gerbong kosong'.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Bidang Politik, Bima Arya Sugiarto mengatakan, instruksi Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, jelas untuk mendukung Fauzi Bowo yang diusung Demokrat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum DPP PAN, Dradjat Wibowo, memberi tanggapan. "Soal gerbong kosong atau isi, tergantung penumpangnya, yaitu para konstituen PAN," kata dia saat dihubungi VIVAnews, Jumat 23 Maret 2012.

Dia menjelaskan, sesuai Anggaran Rumah Tangga dan Pedoman Organisasi PAN, DPW tidak berwenang mendaftarkan cagub tanpa keputusan DPP. "Jadi, ketika DPW PAN DKI mendukung dan mendaftarkan Foke-Nara di KPUD, itu sudah berdasarkan keputusan DPP PAN," ujar Dradjat.

Dradjat menegaskan, tidak ada cerita DPW berani jalan sendiri. "Sanksinya tegas, ketua dan sekretaris DPW bisa dipecat kalau mendaftarkan calon di luar keputusan DPP," tuturnya.

Sekarang, Dradjat menambahkan, soal gerbong ada di tangan Foke. "Sekarang terserah Foke, apakah penumpang dalam gerbong PAN bisa diyakinkan untuk ikut Foke," kata dia.

Dradjat mengakui, para pengurus dan akar rumput PAN di DKI banyak yang punya kedekatan emosional dengan Didik J Rachbini. "Sehingga Hidayat Nur Wahid-Didik lebih diuntungkan," ujarnya.

"Nah, kalau Foke tidak kerja keras merebut hati akar rumput PAN, ya jangan kaget kalau suara akar rumput lari ke tempat lain, khususnya ke Mas Didik. Karena, Mas Didik bukan hanya kader PAN, tapi dia salah satu ketua DPP," kata dia.

Intinya, dia mengatakan, dukungan resmi sudah diberikan. "Elektabilitas Foke memang masih yang tertinggi. Tapi, dengan majunya banyak tokoh di DKI, hemat saya, persaingan akan sangat ketat," ujarnya.

Dradjat memprediksi, Pilkada DKI bisa dua putaran. "Meski PAN sekarang bukan partai tiga besar di DKI, suara dari struktur dan akar rumput PAN bisa mempengaruhi siapa yang menang dan kalah. Ibaratnya, konstituen PAN sangat berpotensi menjadi pemegang balance of power," kata dia. "Intinya, dukungan resmi sudah diberikan. Silakan berlomba-lomba merebut hati akar rumput PAN." (art)

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi
Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024