Hendardji: Saya Masih Kuat Renang 1.000 Meter

Hendardji Supandji dan Ahmad Rizapatria
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jika Fauzi Bowo berani menantang lari 10 kilometer untuk menunjukkan tingkat kesehatannya, lain lagi dengan bakal calon gubernur DKI Jakarta dari jalur independen, Hendardji Supandji.

Adik kandung mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji ini mengaku masih mampu berenang sejauh 1.000 meter dengan gaya bebas.

"Saya optimis lolos. Saya masih bisa renang satu kilometer bolak-balik gaya bebas, tanpa berhenti," kata Hendardji di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin 9 April 2012.

Menurut Hendardji, pemeriksaan kesehatan yang dijalaninya selama kurang lebih lima jam, berjalan dengan normal. Karena itu, dia tinggal menunggu pengumuman dari KPU DKI Jakarta pada 10 Mei mendatang dengan sabar.

"Saya tunggu kesimpulan akhir dalam pengumuman calon. Saya sering berolah raga jadi yakin bisa lolos," ujarnya.

Saat ditanya apakah bertemu dan berbincang dengan cagub lainnya, Hendardji mengaku hanya papasan dan saling menyapa. "Pemeriksaan bersifat maraton, jadi tidak mungkin berlama-lama bicara," katanya.

Pasangan bakal cagub dan cawagub DKI yang diusung partai Golkar dan PPP, Alex Noerdin dan Nono Sampono, sangat optimis karena sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh hari.

"Persiapannya macam-macam, dari ujung kaki sampai ujung rambut. Pokoknya rapi jali," ungkapnya.

Alex yang memiliki postur tubuh tambun ini mengaku yakin dirinya sehat karena rutin berolah raga.

Enam pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI menjalani tes kesehatan hari ini. Sebelum tes kesehatan, mereka diharuskan berpuasa selama 10 jam. Kemudian, hasil pemeriksaan akan diumumkan KPU Provinsi DKI Jakarta pada 23 April 2012.

Calon yang tidak lolos tes kesehatan hari ini dapat digantikan posisinya oleh calon lain. Dengan begitu, partai tidak perlu mengundurkan diri dari ajang pilkada.

Apabila ada calon yang gagal tes kesehatan, KPU DKI akan mengirimkan surat kepada tim sukses masing-masing calon untuk mencari penggantinya.

Dalam tes tersebut, yang diperiksa adalah kemampuan calon apakah sanggup menjalankan tugas dengan baik secara jasmani maupun kejiwaannya. Faktor yang dapat menggugurkan dalam tes kesehatan jika terdeteksi penyakit berat, atau ada organ tubuh yang sudah tidak berfungsi sama sekali. (art)

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso
Gua Milana

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sejumlah pemain bintang Jakarta Pertama Enduro tampil dalam laga persahabatan melawan Red Sparks

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024