Minggu, Akses Thamrin-Merdeka Selatan Ditutup

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Jakarnaval dalam rangka HUT ke-485 DKI Jakarta digelar Minggu 10 Juni 2012. Kegiatan yang melibatkan banyak mobil hias dan penonton itu membuat akses dari Balaikota Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Bundaran HI, Jalan MH Thamrin ditutup. Penutupan dilakukan pukul 15.00-18.00 WIB.

Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiati, menjelaskan rencana penutupan ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Menurut dia, penutupan sifatnya sementara dan situasional

"Kami berharap Jakarnaval ini tidak diprotes dengan adanya penutupan jalan. Agar kendaraan tidak terjebak macet, masyarakat diimbau mencari
jalan alternatif," kata Tinia, Jumat 8 Juni 2012.

Acara ini ditargetkan menyedot 50 ribu pengunjung. Kegiatan melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Kebersihan DKI yang akan menerjunkan 50 petugas regu comot sampah untuk membersihkan sampah. Dinas Kesehatan DKI menyediakan tiga ambulans. Kemudian disiapkan tiga mobil derek serta tiga genset.

Dia berharap Jakarnaval dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di Ibukota. Peserta event ini juga datang dari berbagai provinsi seperti Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Papua dan Jambi.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Ia mencatat, peserta yang akan berpartisipasi pada Jakarnaval sekitar 3.151 orang. Terdiri dari 148 unit motor Harley Davidson Club Indonesia, komunitas motor antik Indonesia, Scooter, dan Ikatan Sporty Harley Davidson. Kemudian 140 sepeda, 56 grup arak-arakan seni budaya, dan 25 unit mobil hias dari instansi pemerintahan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menambahkan pengalihan arus lalu lintas ini sekaligus untuk menghindari kemacetan dan penumpukan kendaraan pada satu titik.

Untuk kendaraan dari arah Tugu Tani yang ingin menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara serta masuk ke Jalan Abdul Muis. Kemudian kendaraan dari Jalan Budi Kemuliaan yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, juga dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Utara.

Selanjutnya, kendaraan dari arah depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, dialihkan ke arah Jaln Majapahit dan Harmoni. Selain itu, kendaraan dari Harmoni yang akan menuju kawasan Bundaran HI, dialihkan menuju Jalan Sabang dan keluar di Jalan Blora. Sebaliknya, kendaraan dari arah Jalan Sudirman yang akan menuju Harmoni, dialihkan melalui Jalan Teluk Betung. (umi)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024