Cara Kelola Parkir DKI Atasi Macet Total 2014

Kemacetan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sebagai ibukota, Jakarta membutuhkan pengelola parkir profesional di masa mendatang. Dengan pengelolaan parkir yang efektif diharapkan mampu menjadi faktor pendukung mengatasi kemacetan.

"Parkir menjadi bagian tidak terpisahkan dari pengendalian macet," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Kamis 14 Juni 2012.

Kendala utama yang dihadapi terkait dengan kemacetan adalah pertumbuhan kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan ruas jalan. Peningkatan jumlah kendaraan mencapai 9,5 persen per tahun. Sedangkan ruas jalan hanya 0,01 persen per tahun. Akibatnya, rata-rata kecepatan kendaraan relatif rendah, sekitar 15-20 km per jam.

Penambahan jumlah kendaraan bermotor mencapai 2.150 per hari. Terdiri atas 550 kendaraan roda empat dan 1.600 kendaraan roda dua pada 2011.

Jumlah itu harus dibebani dengan 1,3 juta kendaraan yang masuk dari sekitar Jakarta setiap hari. Bila dibiarkan, pada 2014 dikhawatirkan Jakarta akan mengalami macet total.

"Itu artinya tinggal dua tahun lagi dan kita harus memecahkan persoalan macet bersama-sama," ujar Foke.

Terkait permasalahan itu, Pemprov DKI telah membangun gedung-gedung parkir dan kawasan parkir terpadu, sambilĀ  menyiapkan penetapan sistem tarif jalan atau electronic road pricing (ERP) pada kawasan 3 in 1 sebagai kawasan percontohan untuk mengendalikan penggunaan kendaraan pribadi.

Menurut Fauzi Bowo, kawasan parkir yang dikelola swasta perlu dibangun lebih banyak. Meski harus disetujui DPRD terlebih dahulu. Bahkan, tarif tinggi dimungkinkan untuk diterapkan meski pada zona-zona tertentu. (adi)

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit
Ilustrasi menenangkan anak tantrum

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Tantrum adalah ledakan perilaku yang mencerminkan suatu respon disregulasi terhadap rasa frustasi anak sehingga anak tak mampu meregulasi rasa frustasi yang yang dialami.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024