Gugatan Macet, Hakim Coret DPRD DKI

Macet Usai Hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Dua warga Jakarta, Agustinus Dawarja dan Ngurah Anditya, menggugat empat pihak terkait kemacetan akut yang terjadi di wilayah DKI Jakarta. Keempat tergugat itu adalah Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, DPRD DKI Jakarta, dan 10 partai politik yang memiliki kursi di DPRD DKI.

Namun ternyata ada dua pihak yang tidak pernah mengadiri persidangan kemacetan DKI Jakarta itu. Mereka adalah DPRD DKI Jakarta dan 10 partai politik di DKI. Keduanya tidak pernah hadir sejak sidang perdana hingga sidang lanjutan yang digelar hari ini, Selasa 19 Juni 2012.

Alhasil, majelis hakim mencoret DPRD DKI dan 10 partai politik di DKI dari daftar gugatan yang diajukan Anditya dan Agustinus. “Majelis hakim mencoret Tergugat II (DPRD DKI) dan Tergugat IV (10 parpol) karena tidak pernah hadir selama enam bulan ini, dan itu berbanding terbalik dengan asas peradilan cepat, sederhana, dan berbiaya murah,” kata Anditya.

Dengan dicoretnya dua tergugat itu, praktis tinggal Tergugat I (Foke) dan Tergugat III (SBY) yang harus menghadapi gugatan citizen law suit ini. Artinya, Fauzi Bowo selaku Kepala Pemerintah Provinsi DKI dan Susilo Bambang Yudhoyono selaku Kepala Pemerintah RI lah yang diminta penggugat untuk mengeluarkan kebijakan guna mengatasi kemacetan di Jakarta.

Kemacetan dinilai telah merugikan masyarakat Jakarta. Tidak hanya kerugian materiil seperti pemborosan bahan bakar, masyarakat juga mengalami kerugian immateriil seperti kelelahan fisik, stres, tidak nyaman, terpotongnya jam kerja, lingkungan yang tidak bersih, dan beragam persoalan sosial lain.

Kondisi ini terjadi karena pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah Indonesia dinilai tidak melakukan apa pun untuk mengatasi kemacetan di ibukota negara ini. "Padahal kemacetan bukan masalah yang tidak bisa diatasi asal ada kemauan politik dari pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah Indonesia,” kata Anditya yang berprofesi sebagai advokat dan berkantor di kawasan macet, segitiga emas Kuningan, Jakarta. (umi)

Ngerii.. Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Duel Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024