53 Kelurahan di DKI Rawan Kebakaran

VIVAnews - Tidak kurang dari 53 kelurahan di DKI Jakarta yang rawan kebakaran. Lokasi yang rawan kebakaran khususnya di tempat yang belum tertata.

Kepala Bidang Partisipasi Masyarakat, Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Sukendar mengatakan, kawasan yang rawan kebakaran adalah daerah pemukiman yang sempit dan sulit mencari sumber air.

Ciri-ciri lokasi rawan kebakaran adalah jalan lingkungan sempit, banyak belokan dan jalan sempit banyak digunakan parkir. Jarak antar bangunan sangat rapat dan tidak teratur, bahan bangunan mudah terbakar dan sumber air sangat langka. "Perilaku masyarakat yang kurang kooperatif serta cenderung destruktif juga ciri lokasi rawan kebakaran." kata Sukendar di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 25 Februari 2009.

Oleh karenanya ada dua pola yang diterapkan Dinas Pemadam Kebakaran untuk menanggulangi kebakaran di daerah rawan. Biasanya para petugas pemadam kebakaran mengandalkan sungai di kawasan sekitar lokasi kebakaran.

Selain itu mobil-mobil tangki pemadam kebakaran hanya bisa menampung 4.000 liter air dalam satu mobil dan air itupun bisa habis dalam waktu lima menit. "Kalau kebakarannya cukup besar kita cari sumber air terdekat, bisa dari sungai ataupun danau," katanya.

Untuk pola kedua biasanya mereka membawa empat unit mobil pada start awal, dua unit untuk menyemprot, dua unit untuk mencari air.


Dari data Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta daerah yang rawan antara lain.

Wilayah Jakarta Barat
- Kampung Kerendang
- Kapuk
- Kota Bambu Utara
- Kota Bambu Selatan
- Palmerah Barat
- Kali Anyar
- Tangki
- Jelambar Jaya
- Cengkareng
- Semanan
- Kalideres

Wilayah Jakarta Selatan
- Manggarai Selatan
- Manggarai
- Pejaten Timur
- Mampang Prapatan
- Cipete Utara
- Gandaria Utara
- Kebayoran Lama Utara
- Petukangan Utara
- Petukangan Selatan
- Grogol Utara
- Karet Belakang
- Pancoran Selatan
- Bukit Duri Selatan

Wilayah Jakarta Pusat
- Tanah Tinggi
- Karang Anyar
- Galur
- Kebon Melati
- Jiung
- Jati Bunder
- Kebon Kacang
- Kramat Sentiong

Wilayah Jakarta Utara
- Penjaringan
- Pademangan Barat
- Kamal Muara
- Cilincing
- Kebon Bawang
- Kali Baru
- Muara Baru Ujung
- Sukapura
- Warakas
- Koja Utara

Wilayah Jakarta Timur
- Jatinegara Kaum
- Kayu Manis
- Lubang Buaya
- Halim
- Kampung Makasar
- Kramat Jati
- Susukan
- Ciracas
- Kampung Tengah
- Gedong
- Kebon Pala

Sepanjang tahun 2009 hingga 25 Februari 2009, Dinas Pemadam Kebakaran telah menangani 87 kasus kebakaran di DKI Jakarta dengan korban meninggal dunia sebanyak 10 orang.

Jika dibandingkan pada tahun 2008 jumlah kasus kebakaran ini menurun. Pada ahun 2008 tercatat dari Januari 2008 sampai dengan Desember 2008 tercatat 818 kasus kebakaran dengan korban jiwa sebanyak 14 meninggal dan 36 luka-luka.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024