Pilkada DKI

Penghitungan Tingkat Kota Bisa Rampung Hari Ini

Fauzi Bowo dan Joko Widodo
Sumber :

VIVAnews - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua tingkat kota, serentak dilaksanakan hari ini. Rekapitulasi dalam rapat pleno itu dijadwalkan hari ini sampai besok. Namun demikian, jika proses lancar dan rampung hari ini maka hasilnya langsung dikirim ke tingkat provinsi.

"Jika lancar semua akan selesai sekarang," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Sosialisasi, Pemungutan dan Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Sumarno di sela rekapitulasi KPU Kota Jakarta Barat, Hotel Mega Anggrek Jakarta, Rabu 26 September 2012.

Rapat rekapitulasi dilaksanakan serentak di enam kota sejak pukul 08.00, tadi. Mengacu proses di tingkat Kecamatan yang sebelumnya dilakukan berjalan dengan lancar, dia berharap proses di tingkat kota bisa lancar juga. "Kalau kemarin saya memantau di kecamatan semua lancar," ujar Sumarno.

Setelah tingkat kota, rekapitulasi tingkat KPU Provinsi DKI Jakarta dijadwalkan pada 28-29 September 2012. "Dilanjutkan dengan penetapan calon gubernur terpilih pada 30 September 2012," tambah dia.

KPU Provinsi harus melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara paling lambat tiga hari setelah terima rekap hasil penghitungan suara Kabupaten/Kota.

Bila tidak ada gugatan,  pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih akan melaksanakan serah terima jabatan dan dilantik pada 7 Oktober 2012 mendatang. Pelantikan di hadapan DPRD Provinsi DKI Jakarta.

"Kalau ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi, maka secara otomatis pelantikan gubernur mengalami perubahan," ujar Sumarno.

Seperti diketahui, dari hasil penghitungan cepat, pasangan cagub-cawagub nomor urut 3, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) unggul dibanding pasangan nomor urut 1, Fauzi Bowo (Foke) dan Nachrowi Ramli (Nara). (umi)

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024