Hari Ini Ribuan Buruh Demo, Hindari Kawasan Ini

Demo buruh "May Day" di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki

VIVAnews - Serikat pekerja berencana menggelar demonstrasi besar-besaran pada  Rabu 3 September 2012. Anda sebaiknya mengetahui di mana saja lokasi unjuk rasa itu, agar tidak terjebak kemacetan dan terlambat sampai tujuan. Tips sederhananya adalah hindari kawasan industri.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengungkapkan bahwa aksi demonstrasi damai tersebut akan digelar sejumlah wilayah di Indonesia, setidaknya di 21 kabupaten/kota dan 80 kawasan industri.

"Demonya dibagi dua. Ada buruh yang mogok kerja atau stop produksi, keluar dari pabrik tetap di kawasan industri. Kedua adalah unjuk rasa di kantor DPRD setempat," kata Iqbal kepada  VIVAnews, di Jakarta, Selasa malam, 2 Oktober 2012.

Khusus di Jakarta, demonstrasi akan berpusat pada beberapa titik kawasan Industri. Antara lain, Pulo Gadung, Kawasan Berikat Nusantara Cakung, dan Sunter. Demonstran tidak akan menuju ke gedung parlemen. "Tidak ke DPR. Kami  aksi damai di kawasan industri masing-masing," katanya.

Dari seluruh Indonesia, massa yang terbesar yang turun ke jalan adalah di Jabotabek. Iqbal berjanji bahwa dalam aksi tersebut para pekerja tidak akan menggangu fasilitas umum, seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan petugas keamanan yang berwenang guna mengamankan jalannya unjuk rasa.

"Ini aksi damai, kami serukan kepada pengusaha jangan khawatir dan takut," katanya. Aksi buruh dengan cara mogok kerja nasional ini menuntut penghapusan outsourcing tenaga kerja dan menolak upah murah.

Selain melakukan penjagaan di tempat obyek vital seperti gedung DPR/MR, Istana Negara, jalan tol, kepolisian  juga sudah mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas jika ruas jalan tertutup oleh aksi buruh.

Berikut sasaran aksi untuk wilayah Polda Metro :
1. Kawasan Industri Pulogadung Jaktim
2. KBN Cakung Jaktim & KBN Cilincing Jakut
3. Kawasan Industri.Jatake Kota Tangerang
4. Kawasan Industri Kalisadi  Tangerang
5. Kawasan Industri Manis Kota Tangerang
6. Kawasan Industri Jatiuwung Kota Tangerang
7. Kawasan Industri MM 2100 Kab Bekasi
8. Kawasan Industri  Jababeka Kab.Bekasi
9. Kawasan Industri EJIB Kab Bekasi
10. Kawasan Industri Hyundai Kab.Bekasi
11. Kawasan Industri Delta Silikon Kab.Bekasi
12. Kawasan Industri Lipppo Kab.Bekasi
13. Kawasan Industri Gobel Kab Bekasi

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber
Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024