Jokowi: Rakyat yang Jaga Saya dari Ancaman

Jokowi usai Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa
Sumber :

VIVAnews -- Jumat pagi pukul 04.30 WIB, Pasukan Pengaman Presiden mengamankan Sudirman, pria asal Tegal yang diduga membawa senjata rakitan ke Masjid Istiqlal. Belakangan diketahui, senjata itu ternyata mainan mirip ketapel, hanya untuk jaga-jaga kalau ada orang jahat.

Meski tak terbukti membahayakan para petinggi negeri yang Salat Idul Adha di Istiqlal termasuk Presiden Susilo bambang Yudhoyono, insiden penangkapan Sudirman menjadi pelajaran berharga, mengingatkan bahwa tak boleh ada yang lowong dalam sistem pengamanan.

Masih terkait dengan pengamanan, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dikenal sebagai pejabat yang minim pengawalan. Tak ada orang-orang berbadan kekar atau berseragam yang memagarinya saat berbaur dengan rakyat kebanyakan, di kampung kumuh, rumah susun, atau di tengah pasar. Ia juga menolah pengawalan voorijder, yang membantu memuluskan perjalanan mobilnya, membelah kemacetan ibukota.

Apa tak takut ada ancaman, Pak Jokowi?

"Saya ini yang mengawal rakyat banyak, jadi saya tidak takut sama sekali dengan ancaman-ancaman tersebut," kata Jokowi usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa.

Sementara terkait kabar penangkapan orang diduga membawa senjata api di Istiqlal, Jokowi mengatakan, itu adalah wewenang pihak keamanan. "Itu biar urusan aparat kepolisian, biar Polda yang mengurusi," kata Jokowi saat ditemui usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo mengaku tak mempermasalahkan apabila Jokowi menolak dikawal voorijder.

Umumnya, pejabat-pejabat termasuk Gubernur DKI Jakarta memang menggunakan kawalan voorijder ketika bepergian ke mana-mana dalam rangka dinas, untuk menjaga keamanan yang bersangkutan sekaligus mempercepat dia tiba ke tempat tujuan.

“Voorijder atau apa, itu agar tidak merugikan. Saya kira kami hargai hal-hal seperti itu (menolak dikawal),” kata Timur usai pelantikan sejumlah Kapolda dan Kadiv Humas Polri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat 21 September 2012.

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain
Logitech G Pro X 60 Lightspeed.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Logitech G Pro X 60 Lightspeed adalah 'wireless gaming keyboard' yang diperuntukkan bagi gamer atau pemain eSports pro player.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024