Massa Buka Blokir Jalan Raya Cakung-Cilincing

Demo warga blokir jalan Raya Cakung-Cilincing, Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVAnews/Arnes Ritonga

VIVAnews - Seharian menduduki Jalan Raya Cakung Cilincing (Cacing), Warga Kampung Sawah, Cilincing, Jakarta Utara, akhirnya membubarkan diri. Mereka bubar sekitar pukul 13.45, setelah dijanjikan akan ditemui oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Hal itu merupakan hasil pertemuan perwakilan warga dengan Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiono di Kantor Walikota, Jl Yos Sudarso, Tanjung Priok, Rabu 28 November 2012. "Hasil rapat tadi semua sudah terjawab, Pak Walikota akan hadir bersama Pak Jokowi nanti sore," ujar perwakilan warga Sugeng Sutrisno. 

Sugeng membacakan hasil kesepakatan yang ditandatangani oleh Walikota Jakarta Utara itu di hadapan demonstran. Dalam kesepakatan itu, Walikota memastikan kesediaan Jokowi menemui warga. 

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

"Dan apabila Pak Gubernur tidak bisa hadir karena ada kepentingan mendesak lainnya, maka saya Walikota Jakarta Utara akan hadir ke Kampung Sawah. Oleh karena itu warga yang berada di Jalan Cacing agar kembali ke rumah masing-masing."

Massa kemudian membubarkan diri dari jalan utama jalur ekspor-impor itu. Mereka tetap berkumpul menunggu kedatangan Jokowi di Gang Pos 2 Kampung Sawah. Mereka akan menunggu Gubernur dan Walikota Jakarta Utara di sebuah masjid besar di daerah itu.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Kapolres Jakarta Utara Komisaris Besar M Iqbal menyambut baik warga mau berdialog. Dia berharap ketertiban itu dijaga. 

"Harapan saya tidak ada aksi serupa yang bisa saja melanggar hukum. Tapi ini cara masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, oleh karena itu kami tidak melakukan upaya paksa, kami lakukan upaya dialogis," kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, aparat kepolisian yang bertugas mengamankan demonstrasi itu hanya berjumlah 75 orang.  "Tapi dari deteksi masyarakat kooperatif dan kondusif sehingga aman, mereka ini hanya ingin didengar." (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya