Pembatasan Kendaraan Sistem Ganjil Genap Mulai Dibahas

Macet di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya menggelar rapat koordinasi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 6 Desember 2012. Rapat itu membahas penerapan pembatasan kendaraan melalui sistem ganjil genap.

Dalam pertemuan itu, Polda Metro Jaya diwakili oleh Wakil Direktur Lalu Lintas Ajun Komisaris Besar Wahyono. Sedangkan dari Pemprov DKI Jakarta yaitu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono.

Dalam rapat yang berlangsung secara terbuka itu, Udar Pristono memaparkan mengenai konsep pembatasan kendaraan ganjil genap kepada seluruh peserta rapat. Menurutnya kebijakan pembatasan kendaraan ganjil genap ini dapat menekan angka pengendara bermotor di Ibukota.

Sistem ini dipilih setelah melalui proses panjang, antara Ditlantas dan Dishub DKI. Kebijakan ini diambil karena dianggap mudah untuk dipahami pengguna jalan.

Jika sistem ini diberlakukan, setiap hari nomor pelat mobil yang boleh melintas jalan tertentu harus selalu berbeda. Misal: hari Senin digit genap kemudian Selasa digit ganjil. "Begitu seterusnya," kata Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas beberapa waktu lalu.

Selain itu, Polda juga mengutamakan kendaraan yang melintas di jalur yang dilewati bus TransJakarta. "Sehingga, masyarakat yang punya mobil berpelat ganjil saat hari genap ya naik busway," jelas Sigit.

Untuk pengawasan, Sigit mempercayakan pada petugas yang langsung terjun di lapangan. "Kalau didukung oleh masyarakat, kami optimis kemacetan Jakarta bisa turun 30-40 persen," kata dia.  (umi)

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024