UBK Peringati Satu Tahun Sondang si Pembakar Diri

Peringatan Satu Tahun Aksi Bakar Diri Sondang Hutagalung
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - 7 Desember 2012 lalu, genap satu tahun aksi Sondang Hutagalung, mahasiswa Universitas Bung Karno, membakar diri di depan Istana Negara. Sondang akhirnya meninggal pada 10 Desember 2011 setelah mengalami luka bakar 90 persen di permukaan tubuhnya.

Mahasiswa Universitas Bung Karno berencana menggelar aksi besar-besaran pada Senin 10 Desember ini untuk memperingati kematian aktivis mahasiswa itu. Aksi ini akan digelar di kampus UBK, Jakarta, mulai pukul 12.00.

Sondang diketahui membakar diri sekitar pukul 17.30, Rabu 7 Desember 2011. Menurut Kapolda Metro Jaya saat itu, Inspektur Jenderal Untung S Rajab, laki-laki berusia 22 tahun itu bukan bagian dari pengunjuk rasa Kepala Desa di Istana Negara yang sudah bubar sejak pukul 16.00 WIB.

Lelaki itu terlihat menyeberang jalan dari arah Medan Merdeka Barat ke depan Monumen Nasional (Monas). Saat bersama terlihat kepulan asap dari tubuh pria yang kerap ikut kegiatan Kontras ini.

Secara kebetulan, masih ada empat petugas yang melakukan penjagaan dan kemudian melakukan pertolongan. Tubuh pria itu ditutupi jaket dan disiram dengan air. Ternyata masih hidup. Pria tersebut lantas dilarikan ke ruang UGD RSCM sekitar pukul 18.00 WIB

Pasca aksi bakar, dia menderita luka bakar parah. Lebih dari 90 persen, sehingga kemudian meninggal dunia tiga hari kemudian. Jenazah lalu dimakamkan di tempat pemakaman umum Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

UBK, tempat Sondang berkuliah, kemudian menganugerahkan gelar Sarjana Kehormatan kepada Sondang. Universitas Bung Karno juga meresmikan pergantian nama Ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum menjadi Ruang Sondang Hutagalung. (eh)

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren
Ganjar Pranowo Shalat Idul Fitri di Sleman

Momen Ganjar Pranowo dan Keluarga Laksanakan Salat Idul Fitri di Sleman

Capres Ganjar Pranowo, melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024