ERP Dinilai Lebih Efektif Daripada Ganjil Genap

Jalan di Singapura memakai sistem ERP
Sumber :

VIVAnews - Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, mengatakan sebelum kebijakan sistem ganjil genap di Ibukota diterapkan, penyediaan angkutan umum terintegrasi harus terlebih dahulu disiapkan.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Menurutnya aturan pembatasan kendaraan itu tidak bisa berdiri sendiri karena  terkait dengan penyediaan angkutan umum. "Penyediaan tempat bagi yang mau berpindah dari angkutan pribadi ke angkutan umum, pilihan ini kan membatasi akses kendaraan pribadi," kata Bambang dalam diskusi bertajuk "Mengurai Kemacetan Jakarta", di Jakarta, Jumat, 14 Desember 2012

Dia menilai, daripada membatasi kendaraan dengan sistem ganjil genap, lebih baik Pemprov DKI Jakarta langsung menerapkan jalan berbayar atau biasa disebut  Electronic Road Pricing (ERP). "Sebetulnya yang paling efektif adalah langsung saja menerapkan ERP, karena dengan ERP itu lebih terkontrol," katanya.

Selain dinilai efektif, dana yang didapat dari hasil pembayaran jalan dapat digunakan untuk memperbaiki sarana angkutan umum. "Istilahnya kan retribusi yang dikumpulkan itu untuk memperbaiki angkutan umum. Jadi ada cross subsidi yang bisa dilakukan antara kendaraan pribadi dan angkutan umum," ucap dia.

Sedangkan mengenai model jalan berbayar yang akan diterapkan, Bambang menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
"Mereka masih menunggu landasan hukum dari kemenkeu, terutama  retribusi daerahnya. Namun kami, dari kemenhub sudah selesai, karena dari peraturan pemerintah tentang lalu lintas angkutan jalan sudah ada di situ," jelasnya.



Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024