Respons MK, Dinas Pendidikan DKI Turunkan Label RSBI di 49 Sekolah

Demo guru dan siswa tuntut RSBI dibubarkan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Dinas Pendidikan DKI Jakarta langsung merespons putusan Mahkamah Konstitusi yang membubarkan penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

“Dinas Pendidikan melakukan rapat dengan para Kabid dan 49 Kepala Sekolah RSBI semalam untuk menyikapi keputusan MK tersebut. Kami telah menghasilkan beberapa keputusan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 9 Januari 2013.

Langkah pertama, Diknas DKI dan para kepala sekolah itu sepakat untuk mencopol label RSBI yang telah terpasang di 49 sekolah RSBI di DKI Jakarta. “Label RSBI di semua sekolah akan dihilangkan atau ditutup,” kata Taufik.

Selain mencopot label dan menutup program RSBI, Diknas DKI juga akan mempertanggungjawabkan segala pendanaan dan kegiatan terkait RSBI yang saat ini telah berjalan. Pemprov DKI pun akan fokus memperbaiki mutu pendidikan dan membuka akses seluasnya bagi warga miskin untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

“Orientasi terhadap mutu pendidikan tetap menjadi prinsip utama,” ujar Taufik. RSBI di DKI Jakarta berjumlah 49, yaitu 8 SD, 15 SMP, 10 SMA, dan 16 SMK.

Mahkamah Konstitusi berpendapat, RSBI membuka potensi lahirnya diskriminasi dan menyebabkan terjadinya kastanisasi pendidikan. “Hanya siswa dari keluarga kaya atau mampu yang mendapatkan kesempatan sekolah di RSBI atau SBI, sedangkan siswa dari keluarga sederhana atau tidak mampu hanya memiliki kesempatan diterima di sekolah umum,” kata Juru Bicara MK Akil Mochtar.

Selain itu, MK berpendapat penekanan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar bagi siswa di sekolah RSBI atau SBI merupakan pengkhianatan terhadap Sumpah Pemuda 1928 yang menyatakan bangsa Indonesia berbahasa satu, yaitu bahasa Indonesia. Oleh karena itu, menurut MK, seluruh sekolah di Indonesia harus menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia. (eh)

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024