Banjir Kiriman Datang Lagi Malam Ini dari Bogor

Banjir di Kampung Melayu
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketinggian muka air di bendungan Katulampa naik cepat dalam waktu satu jam pada Rabu siang, 16 Januari 2013. Diperkirakan banjir kiriman akan masuk kembali ke Jakarta dan menambah genangan air di lokasi banjir yang sudah terendam sejak Selasa tengah malam.

Disampaikan penjaga pintu air Katulampa, Andi Sudirman, pada pukul 12.00 WIB, ketinggian Katulampa baru 120 centimeter dan 40 menit kemudian naik menjadi 180 centimeter. Saat ini kondisi Katulampa Siaga II.

"Jakarta harus waspada lagi, Ciliwung dan Ciekek sudah status Siaga. Sekitar 12-14 jam banjir kiriman akan datang lagi," kata Andi Sudirman.

Ditambahkan Andi, peningkatan muka air di Katulampa terjadi akibat hujan deras yang melanda kawasan Puncak dan Kota Bogor. Banjir kiriman bisa datang lebih cepat bila hujan masih terjadi hingga sore nanti.

"Kalau dalam perjalanan ada hujan, air yang datang bisa bertambah cepat. Kami di sini tetap monitor, Jakarta juga harus tetap waspada," katanya.

Banjir besar diperkirakan akan melanda Jakarta pada pekan ini. Sebelumnya, bendungan Katulampa juga sempat berstatus Siaga I atau tingkat siaga tertinggi dengan ketinggian 210 centimeter pada Selasa, 15 Januari 2013.

Dengan situasi level siaga tertinggi ini,  maka  pengendalian bendungan langsung menjadi kewenangan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. (umi)

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024