Jokowi Gelar Lelang Posisi Lurah dan Camat Pertengahan Februari

Jokowi ngopi Bareng Pewarta Foto Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, berencana melelang jabatan lurah dan camat bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemprov DKI Jakarta. Lelang tersebut rencananya akan berlangsung pertengahan bulan depan.

"Nanti dilihat, mungkin pertengahan bulanlah kira- kira. Nanti dilihat yah," ujar Jokowi usai mengikuti rapat koordinasi terkait banjir dengan komisi V DPR RI pada Kamis 31 Januari 2013.

Jokowi yakin rencana melelang jabatan kepada PNS setingkat lurah dan camat untuk mendapatkan jabatan tersebut tidak akan bertabrakan dengan aturan kepegawaian negara yang ada.

"Ya tidak dong. Kita melakukan terobosan pasti punya pegangan yang kuat," katanya. Tapi bagaimana mekanismenya, Jokowi masih tutup mulut. "Ya nanti dilihat, masak diceritakan sekarang," katanya.

Jokowi optimis, dengan program tersebut, mampu membantunya melaksanakan program- program yang telah dicanangkan sebelumnya. "Ya nanti kita coba dulu, dicoba pertama nanti dikomentari, ini kan belum dicoba," katanya.

Menurutnya dengan program lelang jabatan tersebut, mantan Wali Kota Solo ini yakin akan mampu menghindari nepotisme jabatan. "Artinya yang berprestasi akan kelihatan dan terbuka transparan. Jangan bilang kedekatan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, mengatakan, sudah lebih dari 100 hari masa jabatannya, tapi masih banyak pegawai yang belum dapat mengikuti irama kerja kepemimpinan Gubernur Jokowi. Terutama pejabat lurah dan camat. Karena itu, Ahok memiliki gagasan untuk melelang jabatan lurah dan camat pada PNS di lingkungan Pemprov DKI.

"Kami berpikir apakah akan membuat sebuah lelang untuk jabatan lurah dan camat, karena kan mereka yang langsung berhadapan sama masyarakat, ini yang lagi kami kaji," ujarnya.

Dengan melelang jabatan, Ahok berharap menemukan orang yang mampu mengikuti irama kerjanya. "Kalau lurah dan camatnya cerdas, kan sudah tahu maunya Pak Gubernur itu apa. Orang luar saja tahu kok maunya kami apa. Pembaca berita online juga sudah tahu kok kami mau apa, ke mana, masak sudah 100 hari masih tidak mengerti gubernur dan wagub mau ke mana," katanya lagi.

Jika rencana melelang jabatan lurah dan camat disetujui, maka akan segera diumumkan kepada seluruh PNS. Semua PNS dengan tingkatan tertentu memiliki peluang untuk menjadi camat atau lurah.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

"Semua PNS yang memenuhi kriteria jadi lurah, camat, boleh daftar kepada kami nanti. Ini kan dilakukan lelang terbuka," katanya. (ren)

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024