Permohonan Dikabulkan, Anindia Resmi Jadi Laki-laki

Ilustrasi Gender.
Sumber :
  • cbc.ca

VIVAnews - Anindia, putri pasangan Achmadi dan Ruhbini, akhirnya resmi menjadi laki-laki. Status itu diperoleh setelah Pengadilan Negeri Cibinong mengabulkan permohonan pergantian kelaminnya.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Anak lima tahun itu divonis sebagai laki-laki dalam sidang yang digelar hari ini,  Senin, 11 Februari 2013. Anindia Talita Putri berganti nama jadi Azril Anindia Putra. Sejak hari ini, warga Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor ini resmi menjadi laki-laki tulen.

Keputusan Hakim Ronald S Lumbun itu mengacu pada hasil pemeriksaan di RSCM, Poliklinik Kesehatan Anak, bahwa Anindia memiliki kromosom 46 XY atau lebih dominan laki-laki.

Ayah Anindia, Achmadi mengaku akan segera mengganti seluruh identitas anaknya. "Dengan adanya keputusan ini, nantinya kami akan ganti indentitas Anindia mulai akte kelahiran dan surat penting lainnya," kata Achmadi.

Persidangan yang bergulir sejak Desember 2012 lalu itu sudah menghadirkan dokter ahli kesehatan anak RSCM Prof dr Jose Batubara. Dalam sidang pertama, Jose menjelaskan bahwa Anindia telah dioperasi penambahan batang zakar (penis), di Rumah Sakit RSCM Jakarta.

Jose memaparkan, bocah kelahiran 2007 itu tidak memiliki sel telur dan hormon esterogen, sehingga saat dewasa tidak akan ada payudara yang tumbuh.

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

"Memang dia (Anindia), memiliki dua alat kelamin (penis dan vagina), karena sudah dioperasi di RSCM. Tapi belum tumbuh buah zakarnya. Namun dapat dipastikan bahwa Anindia dominan laki-laki," kata Jose. Menurutnya, kasus seperti ini biasanya bisa disebut Disorder of Sex Development atau adanya gangguan pertumbuhan jenis kelamin.

Pengadilan juga sempat mengundang ahli Agama Islam untuk bersaksi, yakni Syaiful Anwar. Syaiful mengatakan bahwa penggantian kelamin dengan alasan nafsu dan duniawi memang diharamkan agama, namun lain halnya jika alasannya medis.

Selain itu, berdasarkan keterangan keluarga dan kerabat Anindia, diketahui bahwa perilaku Anindia selama ini lebih seperti anak laki-laki, mulai dari gaya berpakaian hingga kecenderungan memainkan mainan anak laki-laki. (eh)

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"
Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024