656 Warga Depok Positif Mengidap Tuberkulosis

Ilustrasi tuberkulosis.
Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 656 warga Depok terdeteksi positif mengidap penyakit Tuberkulosis (TB). Angka ini dinilai mengkhawatirkan mengingat saat ini Indonesia berada di urutan ke-4 sedunia dalam hal jumlah penderita TB.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

"Untuk itulah perlu adanya kerjasama dan upaya konkret dari berbagai elemen untuk mencegah dan mengobatinya," kata Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tubercolosis Indonesia (PPTI) Kota Depok, dr Anna Rozaliyani saat menyambangi Rumah Penangulangan TB di kediaman almarhum WS Rendra, Cipayung, Depok, Selasa, 8 April 2013.

Anna yakin, peran aktif dan kerja keras dari semua pihak dapat membantu menjalankan program-program melawan penyakit yang menyerang paru-paru tersebut. "Baik pihak swasta maupun pemerintah harus saling bersinergi."

KPK Fires 66 Employees Who Accepted Bribes from Inmates

Di tempat yang sama, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan pihaknya telah berupaya menekan jumlah penderita TB di Kota Depok. Salah satunya dengan mengajak masyarakat melakukan pola hidup bersih dan melakukan pengobatan ketika menderita penyakit tersebut. Nur pun berjanji akan memberikan pelayanan cuma-cuma alias gratis untuk kasus ini. "Kami akan terus berupaya maksimal memberantas penyakit ini," ujar Nur.

Saat ini kata dia, Rumah Penanggulangan TB Kampung Rawa yang berada di area kediaman almarhum WS Rendra  itu setiap harinya dikujungi sekitar 20 pasien. Banyak dari mereka tidak hanya berasal dari Depok melainkan Bogor dan Tangerang. "Ini adalah salah satu bentuk konkret upaya kami peduli masalah ini," ucapnya.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

TB merupakan penyakit infeksi yang disebabkan bakteri mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru, meski pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. (umi)

Dua WNI

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Problem tertukar visa hingga boarding pass buat rencana perjalanan itu terhambat, sementara pada waktu sangat singkat tersebut mereka diharuskan mendapat statement letter

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024