Polisi Sudah Tangkap 2315 Preman di Ibu Kota

Polisi amankan 60 preman di Bekasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Erik Hamzah

VIVAnews - Sebanyak 2.315 orang diduga preman diamankan aparat Polda Metro Jaya selama kurun waktu 4 November 2012 hingga 4 April 2013. Mereka terjaring dalam operasi cipta kondisi yang rutin dilakukan kepolisian.

Semua yang terjaring, didata oleh petugas dan diperiksa berdasarkan perannya. Bagi yang melanggar pidana akan diproses secara hukum, sedangkan yang tidak terbukti dikembalikan dan dipantau keberadaannya.

Berdasarkan data yang dimiliki Polda Metro Jaya, dari 2.315 yang diamankan, sebanyak 458 preman ditahan sementara 1.840 menjalani pembinaan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan pendataan bagi mereka yang tidak terbukti langsung dicatat oleh Polisi Binmas (Bina Masyarakat). "Itu buat basic data, mereka yang dibina di lapangan tetap dipantau," kata Rikwanto, Kamis 11 April 2013.

Menurut Rikwanto, mereka yang ditahan terbukti melawan hukum seperti penyalahgunaan narkoba, memalak, intimidasi, dan kepemilikan senjata tajam.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Dia mengatakan bahwa masalah premanisme bukan tanggungjawab kepolisian semata, tapi peran pemerintah juga sangat penting, sebab biasanya orang yang menjadi preman itu karena tidak memiliki pekerjaan. Sehingga mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang.

"Tugas polisi itu melakukan penegakan hukum. Jadi ini butuh kerja sama dengan stake holder, bagaimana mereka yang dibina itu tidak kembali melakukan perbuatannya lagi," katanya. (ren)

Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).

Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

Uni Emirat Arab dilanda hujan hebat hingga menyebabkan banjir ekstrem di wilayah Dubai dan sekitarnya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024