Polisi Depok Ungkap Cara Kerja Bandit Penggondol Mesin ATM

Polda Gelar Barang Bukti Perampokan Toko Emas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kepolisian Polda Metro Jaya akhir pekan lalu berhasil mencokok sekelompok bandit penggondol mesin ATM di Depok. Mereka ini, ungkap polisi, tidak segan-segan melukai dan melumpuhkan korban saat beraksi 6 April lalu.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Kepala Satuan Kejahatan Dengan Kekerasan Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Helmi Santika, dalam konferensi pers hari ini mengungkapkan bahwa kelompok itu terlebih dahulu mengikat petugas keamanan. Setelah satpam berhasil dilumpuhkan, mereka kemudian menggondol ATM dengan paksa.

"Mereka membongkar mesin ATM dengan menggunakan linggis, membongkarnya saat mobil sedang berjalan," kata Helmi. Mesin ATM itu berisi uang sebesar Rp259 juta. Uangnya kemudian dibagi, masing-masing pelaku mendapatkan bagian sebesar Rp26 juta.

"Kami juga mengusut ke mana uang digunakan. Ada beberapa digunakan untuk membeli narkoba, jenis sabu," kata Helmi. Penyidik juga mendalami kepemilikan senjata api kaliber 38 buatan Amerika Serikat lengkap dengan empat butir peluru kaliber 38.

Senjata api yang kode kepemilikannya telah dihapus itu milik tersangka Yul. Yul alias Yung disebut berperan sebagai kapten dari kelompok ini. Yul bersama M.Run meninggal dunia setelah dihadiahi timah panas karena mencoba melarikan diri.

Selain menangkap enam orang pelaku yakni; Yul (meninggal), M. Run (meninggal), Ed, Boy, An dan Ded, polisi juga menyita beberapa barang bukti. Di antaranya satu unit brankas ATM BRI, satu pucuk senjata api, empat butir peluru, satu gunting besar, lima buah linggis, satu unit mobil, satu buah samurai serta satu pelat nomor BE-2260-YM.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Terekam CCTV

Para pelaku dijerat pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan yang ancaman hukumannya sembilan tahun penjara.

Komplotan ini merampok sebuah gerai ATM BRI Limo, Depok, 6 April lalu. Aksi mereka ini sempat terekam kamera pengintai CCTV yang berada di dalam ATM tersebut.

Pelaku melakukan aksinya dengan cara membagi dua tim. Tim pertama, berjaga di luar, sedang tim kedua yang berjumlah tiga orang, masuk dan membongkar paksa mesin ATM itu. (ren)

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk
Rizky Febian dan Mahalini

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

Raffi Ahmad kembali ramai diperbincangkan. Kali ini, ia mencuri perhatian lantaran mengajukan diri untuk menjadi pembawa acara atau MC dalam acara pernikahan Rizky Febian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024