Dinas PU Ungkap Kemandekan Proyek Jalan Layang Casablanca

Penambahan Infrastruktur Jalan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Penyebab dihentikannya proyek Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang di Casablanca, Jakarta Selatan, ternyata tidak hanya terkait tidak jelasnya realisasi anggaran proyek Rp2 triliun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan, menyatakan hal itu juga disebabkan adanya perubahan desain secara mendadak. "Awalnya kami tidak tahu. Kami tahu setelah pengerjaan mau selesai," ujarnya usai rapat JLNT di Balai Kota, Jakarta, Selasa 23 April 2013.

Kontraktor beralasan perubahan desain terpaksa dilakukan karena kondisi darurat. Berdasarkan desain awal, jalan layang ini memiliki dua pilar di kiri kanan Jalan Prof Dr Satrio. Namun, karena ada pipa air baku, desain berubah, dua jalur arah timur dan barat disatukan, di sisi kanan Jalan Satrio. Pipa yang tertanam di kedalaman dua meter ini menghalangi pembuatan fondasi jalan.

Pipa yang menjadi sumber air bersih warga Jakarta ini tidak mungkin dipindahkan. Itu jadi pembenaran adanya perubahan desain secara mendadak.

Manggas menilai penjelasan ini janggal. "Seharusnya semua ini sudah diketahui dari tahap persiapan awal. Saya tidak tahu kenapa bisa jadi begini," ujarnya. Namun ia tidak bersedia menjelaskan siapa yang bersalah dalam proyek ini. "Kami lihat hasil audit BPK dan BPKP. Sekarang lagi proses," katanya.

Hingga kini pembangunan jalan layang itu masih menyisakan utang piutang dengan kontraktor. Tapi Manggas tidak bersedia menjelaskan lebih detail mengenai utang piutang itu. "Kami tunggu hasil audit." 

Manggas mengatakan pengerjaan jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang ini terdiri dari lima paket, yang dikerjakan oleh empat kontraktor, antara lain paket Casablanca, paket Prof. Dr. Satrio, dan paket Mas Mansyur. Adapun empat kontraktor itu, yakni Istaka Sumbersari, Wijaya Karya, Nindia Karya dan Adi Karya. (kd)

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban
Timnas Indonesia

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Salah satu yang turut buka suara soal Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia adalah legenda Manchester United, Park Ji Sung.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024