Ahok: Pompa Air Pasar Ikan Rampung Akhir 2013

Banjir Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Ini Salah Satu Wasiat Babe Cabita Terkait Kepergiannya
- Kondisi tanah pesisir utara Jakarta setiap tahun terus menurun. Muara Kali Ciliwung merupakan bagian paling hilir di mana air sungai berbalik ke sungai. Itulah penyebab kenapa banjir Jakarta sulit dibenahi. Sebagai solusinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memasang pompa air di kawasan Pasar Ikan, Jakarta Utara.

Video Kecelakaan Motor Akibat Pengemudi Mobil Buka Pintu Sembarangan

"Pompa di Pasar Ikan menjadi solusi. Saya mau pastikan pompa selesai Desember 2013," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, di Balai Kota, Jakarta, Jumat 10 Mei 2013.
Realme 12 5G Bisa Jadi Opsi


Ahok mengatakan, dari laporan Dinas Pekerjaan Umum diketahui pengerjaan proyek itu sudah mencapai 57 persen. Karena itu Ahok optimistis pompa air Pasar Ikan selesai pada akhir tahun.


Setelah selesai Pemprov akan melanjutkan di Marina, Jakarta Utara. Ini proyek tertunda karena ada masalah. "Kami akan upayakan lagi. Saya sudah ngobrol dengan Kementerian," katanya.


Ia menjelaskan, proyek pompa di kawasan Pantai Marina itu dianggarkan Rp500 miliar pada tahun lalu. "Karena bermasalah tahun ini tidak dianggarkan lagi. Saya bilang ke menteri, kalau tidak dikerjakan, saya kerjakan, duitnya saya yang cari," katanya.


Untuk anggaran proyek itu Ahok akan mengandalkan anggaran CSR dan keuntungan dari BUMD seperti Ancol. Ia yakin itu bisa direalisasikan. "Saat ini hampir semua sungai di Jakarta berada di bawah permukaan laut. Pengendalian banjir Jakarta hanya tergantung pada Waduk Pluit," ucap dia.


Pintu air yang selama ini ada tidak bisa dibuka maksimal. "Contohnya, Gunung Sahari. Kalau dibuka terlalu lama justru air laut yang akan berbalik masuk. Makanya butuh pompa buat buang air ke laut," ujar Ahok. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya