Ahok: Selama Ini PRJ Dikuasai Satu Keluarga

Pengunjung Pekan Raya Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, Rabu 5 Juni 2013 kembali membeberkan ketidakadilan pengelolaan Pekan Raya Jakarta di bawah payung PT Jakarta International Expo (JIExpo) sejak 1992 silam. Jakarta Fair, kata Ahok, hanya dikuasai satu keluarga.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
PT JIExpo yang sebagai penyelenggara merupkan perusahaan milik konglomerat Hartati Murdaya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang notabene sebagai salah satu pemegang saham PT JIExpo, selama 20 tahun mendapatkan prosentase laba yang tidak sebanding. Saham yang dimiliki Pemprov DKI di PT JIExpo pun cuma 13 persen.

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Ke depan, Pemprov DKI Jakarta tidak lagi memberikan mandat kepada JIExpo sebagai penyelenggara even yang digelar setiap bulan Juni-Juli guna memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta itu.

"Sebenarnya kalau kita ngomong jujur, semua milik keluarga Murdaya. PT JIExpo, semua saham kan milik keluarga mereka. Semuanya orang mereka," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta.

Dituding Plagiat, Prof Kumba Mengundurkan Diri Sebagai Dekan FEB Unas

Menurut Ahok, Pemprov DKI akan mengubah konsep PRJ. Rencananya mulai tahun depan, Jakarta Fair akan dikembalikan ke lokasi lama, yakni di kawasan Monumen Nasional (Monas). Sebelum pindah ke Kemayoran, sejak 1968, Jakarta Fair digelar di kawasan ikon ibukota itu.

Ahok menganggap penyelenggaraan PRJ yang digelar JIExpo kurang memfasilitasi kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah dan industri kreatif.   JIExpo juga bukan pemegang hak paten Jakarta Fair atau PRJ. Baca penjelaskan JIExpo

"Tiap tahun kan isunya begitu. Kami harus bikin alternatif. Pak Gubernur lagi bikin alternatifnya. Kami ingin banyak even yang bisa dinikmati oleh semua kalangan terutama kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah dan industri kreatif," katanya. Ahok ingin dengan konsep baru UKM bisa difasilitasi antara 60 hingga 70 persen dalam even tahunan itu.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan format baru yang digagas Pemprov DKI pemda berbeda dengan Jakarta Fair yang dilaksanakan di Kemayoran. PRJ di Monas lebih difokuskan sebagai pesta rakyat.

Tahun ini, PRJ masih dilaksanakan oleh PT JIExpo. PRJ akan digelar mulai 6 Juni hingga 7 Juli 2013 mendatang. Jakarta Fair 2013 akan diikuti oleh 2.650 peserta yang tergabung dalam 1.280 stan. Panitia menargetkan jumlah total transaksi tahun ini mencapai Rp4,5 triliun atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang berjumlah Rp4 triliun.  (umi)

Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024