Pompa Rusak, Banjir Masih Genangi Ancol

Jalan Lodan Raya Tergenang Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -  Sudah 10 hari air menggenangi kawasan Pademangan dan Ancol, Jakarta Utara, Senin 17 Juni 2013. Hujan membuat kawasan ini terendam antara 10-30 cm. Penyebabnya tiga unit pompa di pusat pengendali banjir Ancol tidak berfungsi. Jadinya, tak bisa memompa air ke laut.

"Kumparannya jebol. Sudah setahun," kata Gubernur DKI Joko Widodo saat memantau lokasi banjir.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Ketiga pompa ini sebenarnya milik Kementerian Pekerjaan Umum. Kondisinya sudah rusak sejak satu tahun lalu karena terendam banjir besar. Kerusakan semakin parah dengan banyaknya sampah plastik yang masuk ke saluran pompa.

Sebelum rusak, pompa ini menjadi andalan pengendali wilayah Jakarta Utara. Pompa ini masing-masing dapat menyedot 5.000 liter per detik.

Bila kondisinya normal daya sedot pusat pengendali banjir ini 15.000 liter per detik. "Kalau banjir seperti sekarang bisa disedot 10 menit," katanya.

Untuk pengendalian sementara, Pemda hari ini meminjamkan enam unit pompa portabel. Kapasitas pompa ini masing masing 2.000 liter per detik. "Pompa ini dioperasikan bergantian," katanya.

Pompa ini disiapkan untuk mengendalikan luapan air akibat hujan dan banjir rob akibat pasangnya air laut yang masuk ke pemukiman Ancol dan Pademangan. (eh)

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Keempat prajurit TNI yang berasal dari wilayah Sunda telah meniti karir cemerlang dalam dunia militer. Prestasi mereka sangat moncer dengan pangkat jenderal bintang empat

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024