Jokowi: Jakarta Siap Gelar Festival Ondel-ondel Internasional

Festival Ondel-Ondel
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, semakin giat mempopulerkan seni dan budaya Ibu Kota. Maka dia hari ini mengungkapkan suatu festival budaya betawi, tapi bisa berskala internasional.

"Saya mau bikin festival ondel-ondel internasional, kayak di Pasadena (California, AS) dan Rio de Janeiro (Brazil). Ondel-ondel ciri Jakarta," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta.

Acara ini, ungkap gubernur, juga bertujuan untuk memotivasi para pelajar SMA se-Jakarta dan masyarakat agar mencintai seni dan budaya Jakarta.

Pekan Depan, MK Batasi Jumlah Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Para pelajar dan kelompok masyarakat dipersilakan berekspresi dengan memodifikasi ondel-ondel. "Ondel ondel adalah konsep dasar dan ciri dari budaya masyarakat Jakarta," katanya.

Festival ondel-ondel internasional akan berlangsung 30 Juni 2013. Kata Jokowi, selain seniman asli Jakarta, acara ini akan dihadiri para seniman dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Jember, Magelang, Solo, Kutai, Subang. "Pokonya nanti akan ada ribuan peserta karnaval ondel-ondel ini," katanya.

Peserta akan melakukan pawai dari Balai Kota menuju Bundaran HI dan kembali ke Balai Kota. Dalam even ini juga akan dilibatkan mobil hias dan kereta kuda. "Nanti saya naik kuda," katanya.

"Masa Pasadena dan Rio de Janeiro bisa bikin sebuah karnaval yang terkenal? Jakarta lebih dari bisa. Karena materinya lebih baik, kreativitas anak mudanya lebih baik, dan mereka ini buat sendiri loh," tuturnya.

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons Kemenkes melaporkan, per pekan ke-11 tahun 2024 tercatat sudah ada 5.461 kasus flu Singapura di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024