Waspada, Uang Palsu Marak Selama Bulan Ramadan

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap peredaran uang palsu. Dia memperkirakan peredaran uang tersebut akan meningkat apalagi menjelang Idul Fitri.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Rikwanto mengatakan, maraknya uang palsu ini disebabkan karena aktivitas perekonomian di masyarakat semakin meningkat.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


“Karena aktivitas ekonomi masyarakat meningkat, sehingga peredaran uang juga meningkat,“ ujar Rikwanto, Rabu 17 Juli 2013.


Dia menambahkan, para pelaku pembuat uang palsu biasanya memanfaatkan padatnya aktivitas masyarakat saat bulan Ramadan. Sebab mereka tidak akan memperhatikan uang asli dan palsu. Sasarannya yakni pedagang.


Berdasarkan kasus uang palsu yang pernah diungkap Polda Metro Jaya, rata-rata pelaku pengedar uang palsu yang beraksi akhir-akhir ini adalah amatir. Mereka menggunakan
scanner
atau fotokopi warna agar uang terlihat seperti asli.


Diharapkan bagi masyarakat yang melihat, mendengar, mengetahui mengenai uang palsu agar segera laporkan ke polisi, sehingga uang palsu tersebut tidak beredar terlalu jauh.


"Bagi pedagang kecil yang tidak punya alat atau yang tidak punya waktu melihat, meraba atau menerawang untuk lebih berhati hati. Masyarakat diharapkan tetap lebih waspada. Jadi kalau tahu, jangan diedarkan lagi, tapi dilaporkan," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya