Cegah Kecelakaan Saat Mudik, Polisi Bina Sopir Bus

Mudik 2011
Sumber :
  • ANTARA/ Reno Esnir
VIVAnews
Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
- Pihak kepolisian dalam waktu dekat akan melakukan pembinaan kepada seluruh sopir bus yang akan membawa bus khusus mudik Lebaran 2013. Pembinaan dilakukan dalam upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

"Kita kumpulkan semua sopir bus yang akan mudik bersama. Kalau kita tidak bina pasti salah juga nanti. Dia bisa ugal-ugalan, nanti bisa kecelakaan, kan parah lagi," ujar Kepala Korps Lalu lintas Polri, Inspektur Jenderal Puji Hartanto, Kamis 25 Juli 2013.
Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal


Menurut Puji, sopir bus memiliki tanggung jawab yang sangat besar saat ajang mudik ini. Sebab harus bisa membawa penumpang selamat sampai tujuan. Untuk itu, beberapa upaya telah dilakukan.


"Dahulukan istirahat, jangan sampai memaksa mengendarai bus dalam kondisi mengantuk," kata Puji.


Sementara itu, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, lanjut Puji juga diharapkan kesiapannya dalam mengendarai jarak yang cukup jauh.


Dirinya sudah berkoordinasi dengan seluruh Kapolda yang dilintasi jalur pemudik untuk bisa memberikan tempat istirahat di kantor polisi terdekat.


"Setiap kantor polisi yang ada di jalur panturan, nanti bisa dijadikan pos tempat istritahat. Terutama sepeda motor, kalau dia lelah dan melihat kantor polisi mereka bisa beristirahat. Ini cara kita mengurangi angka kecelakaan karena lelah," jelas Puji. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya