Wakapolri: Mau Mudik Selamat, Jangan Langgar Lalu lintas

Ilustrasi Mudik Menggunakan Sepeda Motor
Sumber :
VIVAnews
Statistik Mengerikan Harry Kane Lawan Arsenal
- Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Pol, Nanan Soekarna menghimbau kepada para pemudik agar mematuhi aturan dan etika berlalulintas.

Haru! Ayah Babe Cabita Ungkap Detik-detik Terakhir Sang Komedian Sebelum Meninggal

Tertib berlalulintas saat mudik, lanjut Nanan bisa menekan angka kecelakaan. "Keselamatan itu harus datang dari para pemudik sendiri dan tidak cukup hanya dengan penjagaan Polisi," ujar Nanan di Lapangan Silang Monas, usai memimpin apel operasi Ketupat Jaya, Selasa 30 Juli 2013.
Airlangga: Hari Kemenangan Tiba, Mari Saling Memaafkan dan Jaga Kerukunan Bangsa


Kepolisian, lanjut Nanan juga sudah berkoordinasi dengan para pengusaha untuk memfasilitasi karyawannya yang mudik menggunakan sepeda motor.


Mereka disarankan untuk menyiapkan angkutan untuk membawa motor dan meminta pengemudinya agar ikut mudik bersama yang diselengarakan oleh pemerintah dan swasta.


"Cara ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas, dan memberikan rasa aman dan nyaman saat mudik tanpa harus kelelahan menggunakan motor dengan jarak yang cukup jauh," kata Nanan.


Polisi Jaga Titik Rawan


Mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri ini menambahkan, untuk menjaga semua titik yang rawan di jalur mudik, pihaknya menyiapkan petugas di setiap 200 meter di luar 111 pos penjagaan yang disediakan.


"Semua titik yang menjadi kerawanan apakah itu itu kecelakaan atau pun kriminalitas sudah diantiisipasi oleh kita," tambah Nanan.


Untuk mendukung operasi ketupat Jaya ini, Mabes Polri, mewajibkan anggotanya supaya tidak mengambil cuti lebaran. Kemudian Nanan menghimbau agar kepolisian di tiap wilayah melakukan koordinasinya dengan baik supaya tidak saling bentrok pekerjaan.


"Jadi ada 6.200 di Mabes Polri yang tidak cuti. Kemudian di wilayah harus mendukung mendukung kewilayahan nanti jangan malah menggangu wilayah lain," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya