DKI: 60 Persen Pendatang Berpendidikan SMA ke Bawah

Berjuta manusia secara serentak bergerak demi menikmati libur bersama keluarga di kampung halaman setiap perayaan hari raya Idul Fitri.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Purba Hutapea, menyebut sebanyak 36 ribu orang akan menyerbu Jakarta usai Lebaran ini. Menurutnya, angka tersebut masih bisa berubah karena diperkirakan masih banyak warga dari berbagai daerah yang akan berduyun-duyun datang ke Jakarta.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

"Data ini berdasarkan survei. Ada 15 ribu yang menyatakan hanya sementara di Jakarta. Artinya, bisa saja mereka balik ke daerah asalnya masing-masing, atau mencari pekerjaan di kawasan Bodetabek," ujarnya, Senin, 12 Agustus 2013.

Wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara adalah tempat yang paling banyak disambangi oleh para pendatang. Jakarta Timur yang berbatasan langsung dengan Bekasi banyak didatang warga dari Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan alasan jarak. Sedangkan Jakarta Utara dipilih karena di sana banyak sektor informal seperti pelabuhan.

"Para pendatang 60 persen pendidikannya SMA ke bawah, dan 60 persen datang karena alasan pekerjaan, seperti PRT, pelayan, hingga sektor konstruksi bangunan. Kebanyakan didominasi oleh laki-laki," ucap dia.

Dia mengungkapkan untuk mengantisipasi adanya pendatang yang ikut dalam arus balik Lebaran, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan operasi Bina Kependudukan.

Program itu berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada para pemudik agar tidak membawa kerabat, keluarga atau tetangga jika tidak mempunyai keahlian, pekerjaan atau kelengkapan administrasi kependudukan. (kd)

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024