Menolak Ditertibkan, Napi Lapas Salemba Mengamuk

Ilustrasi napi di penjara.
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews -
Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia
Sebanyak 300 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba, Jakarta, mengamuk, Senin 12 Agustus 2013. Mereka menolak penertiban oleh sipir.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Kalapas Salemba, Taufiqrahman, mengatakan, warga binaan yang mengamuk itu ada di Blok A. "Mereka mengamuk dan melawan para sipir dengan memaki," kata Kalapas Salemba.
Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif


Ia menjelaskan, penertiban itu dilakukan setelah adanya informasi bahwa ada napi yang memakai narkoba di salah satu ruangan. "Kejadiannya pas Magrib. Saat itu, petugas masuk Blok A untuk membawa napi yang diduga menggunakan narkoba. Mereka tidak terima kawannya kami bawa," katanya.


Suasana menjadi ramai setelah ada provokator yang memaki sipir dan diikuti napi lainnya. "Keributan tidak lama. Setelah kami berikan pengarahan, keributan tidak meluas dan mereka tenang," katanya.


Setelah pemeriksaan lebih lanjut, informasi soal napi memakai narkoba itu tidak benar. "Hasilnya negatif. Kami juga memeriksa provokator," katanya.


Taufik mengaku tidak mau kecolongan saat mendapat informasi tersebut. Informasi sekecil apa pun, dia melanjutkan, akan langsung direspons dengan tindakan yang sesuai.


Secara terpisah, Kapolsek Cempaka Putih Kompol Fitria Mega membenarkan peristiwa itu. "Kami dapat kabar sekitar pukul 17.00 WIB. Ada kericuhan di Lapas Salemba. Saya langsung ke lokasi. Suasana sudah kondusif. Pihak Lapas sudah bisa menguasai keadaan," katanya.


Ia mengatakan, keributan tidak berlangsung lama. Namun, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, ia membawa 32 anggotanya. "Mereka dari Mapolsek Cempaka Putih dan Mapolres Jakarta Pusat untuk pengamanan jika nanti kembali ada kericuhan," katanya.


Polisi tetap bersiaga meski kondisi sudah kondusif. Dari pantauan
VIVAnews
di Lapas Kelas II A, Salemba kondisi masih terpantau tenang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya