Penghuni Rusun Marunda yang Bermobil Akan Ditertibkan

Warga Korban Banjir Mulai Tempati Rusun Marunda
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemprov DKI Jakarta sedang mencari jalan untuk menertibkan penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda yang tergolong mapan. Kebanyakan mereka bahkan memiliki mobil yang tergolong mewah.

Biar Aman, Kendaraan yang Ditinggal Mudik Bisa Dititipkan di Kantor Polisi

Kebanyakan mereka menghuni Blok I dan V, Cluster B. Mobil-mobil tersebut diparkir di halaman rusun yang seyogyanya digunakan untuk fasilitas umum, sehingga dikeluhkan penghuni lain.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengaku sudah membuat strategi guna menertibkan penghuni rusun secara ekonomi tergolong mapan itu.

"Kita sedang siapkan bikin kios dan pasar di tempat itu. Nanti mobil yang parkir akan bayar per jam. Mereka pasti pusing," katanya.

Ahok sapan pria berkaca mata ini tidak menepis di Rusunawa ini banyak hunian yang sudah berpindah tangan. Bahkan ada warga yang memiliki hunian rusun lebih dari empat.  "Kita akan putihkan perlahan," katanya.

Atas nama kemanusiaan, Ahok tidak ingin melakukan pengusiran paksa. Namun secara perlahan akan dilakukan penertiban dan pengetatan bagi penghuni rusun yang baru.

"Kalau penghuni baru aturan jelas. Hanya satu hunian jatah mereka. Tidak boleh dipindah tangan, atau akan diproses hukum," ujarnya.

Menurut Ahok, solusi paling mungkin dilakukan saat ini adalah menggeser warga lama secara perlahan dengan tetap menerapkan aturan dengan tegas pada warga baru. (umi)

Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Coret Nathan Tjoe-A-On, Ini 23 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong sudah menentukan 23 pemain untuk Piala Asia U-23 2024 Qatar yang akan digelar 15 April-3 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024