30 Persen Pengemudi Angkot di Depok Usia Pelajar

Angkot terbakar di Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan (Depok)

VIVAnews - Pasca ledakan yang mengakibatkan tiga angkot terbakar di Depok, Polres Depok gelar razia kelaikan angkot di sejumlah titik. Hasilnya, terjaring 447 angkot tak layak jalan. Ironisnya lagi, sebanyak 30 persen sopirnya masih usia sekolah.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok Komisaris Kristanto Yoga, menyebut dari 447 angkot yang terjaring, ditemukan 350 pengemudi tak memiliki surat izin mengemudi (SIM).
         
"Ini sangat mengejutkan kami, ternyata banyak juga sopir angkot yang masih di bawah umur atau masih berusia pelajar. Ya ada sekitar 30 persenlah. Mereka yang terjaring dengan kasus cukup berat seperti tidak cukup umur dan tidak dilengkapi dengan surat-surat maka terpaksa kami amankan angkotnya," kata Kris, Jumat 6 September 2013.
         
Kristanto mengatakan, 447 angkot yang terjaring itu adalah hasil operasi selama sebulan terakhir. Dari ratusan angkot tersebut, diketahui angka pelanggaran didominasi angkot jurusan D 05 Bojonggede-Depok, D 03 Sawangan-Depok, D 02 Terminal-Depok Timur dan D06 Simpangan–Depok.
         
"Kami berkoordinasi dengan dinas terkait. Dan kami berharap mereka pun mau berperan aktif untuk mengawasi kelaikan angkot. Karena ini menyangkut keselamatan si penumpang," kata Kris.
         
Sabtu 31 Agustus 2013 lalu, angkot D 05 jurusan Bojonggede–Terminal Depok meledak dan akhirnya terbakar di Jalan Margonda Raya depan kantor Wali Kota Depok.  Di hari yang sama, angkot dari jurusan serupa juga meledak di kawasan Citayam Depok.

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Sementara di pertengahan Agustus 2013, angkot D 06 jurusan Simpangan–Terminal Depok terbakar di Jalan Siliwangi Depok. Diduga penyebab terbakarnya ketiga angkot itu adalah hubungan arus pendek. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. (umi)

Bali United vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Bali United dan Dewa United berhasil meraih poin sempurna dalam lanjutan Liga 1 pada Sabtu malam ini, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024