PLN: Daerah Terkena Pemadaman Listrik di Jakarta Sudah Menyala

Investigasi Gardu Cawang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sebagian wilayah di Jakarta mengalami pemadaman listrik pada malam ini akibat gangguan trafo interbus (IBT 2) di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang. Namun, tepat pukul 21.45 WIB, listrik di daerah yang terkena pemadaman, seperti  Duren Tiga, Mampang, Taman Rasuna, Antasari, Cipinang, Pulomas, dan Manggarai, telah menyala kembali.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

"Total beban padam sekitar 270 MW," ujar Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto.

Seperti diketahui, Rabu malam, 2 Oktober 2013, pukul 19.54 WIB, terjadi gangguan pada salah satu trafo interbus di GITET Cawang. Trafo terbakar dan padam.  Petugas PLN bergerak cepat mengalihkan pasokan listrik (manuver beban) ke daerah-daerah tersebut dari GITET lain di sekitar Cawang.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Proses pengalihan beban berjalan lancar. Mulai pukul 21.00 WIB, daerah yang padam secara bertahap mulai menyala dan pada jam 21.45 WIB semua daerah tersebut telah menyala semua.

"Penyebab terjadinya gangguan di IBT 2 GITET Cawang masih diselidiki," kata Bambang.

GITET Cawang adalah salah satu pintu masuknya listrik dari sistem kelistrikan Jawa Bali ke Jakarta. GITET Cawang terdiri dari dua IBT.

Selain melalui GITET Cawang, Jakarta juga dipasok melalui GITET Depok, Bekasi, Gandul, Balaraja, Kembangan, Cibinong. Di samping itu ada juga PLTGU Muarakarang dan PLTU Tanjung Priok dan langsung memasok listrik ke Jakarta.

Prabowo dan Megawati

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Salah satu keputusan politik yang ditunggu publik pasca putusan MK adalah sikap politik PDIP. Apakah akan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran, atau ikut bergabung

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024