Ini Penyebab Pemadaman Listrik di Jakarta Semalam

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat
VIVAnews
Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung
- PT PLN (Persero) menegaskan tidak ada pemadaman bergilir pasca gangguan trafo Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang yang terjadi pada malam, Rabu 2 Oktober 2013 pukul 19.54 WIB.

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia

"PLN tidak akan melakukan pemadaman bergilir di wilayah Jakarta akibat gangguan salah satu trafo di
Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI
Interbuse Trafo (IBT)-2 Cawang. PLN langsung melakukan manuver beban ke IBT-1 Cawang dan Subsistem kelistrikan Priok cukup menampung beban," kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, Kamis 3 Oktober 2013.


Dia mengatakan, akibat gangguan tersebut IBT-2 Cawang mengalami kerusakan kecil. Gardu itu akan berjalan normal selama 1-1,5 bulan. Itu pun tergantung hasil investigasi yang akan dilakukan hari ini. Selama perbaikan, tidak ada pemadaman bergilir. Investigasi hari ini juga akan memastikan penyebab gangguan.


"Dugaan sementara terjadi gangguan internal yang
men-trigger
pecahnya
bushing tertier
yang menyebabkan keluarnya minyak trafo dan kemudian memicu terjadinya kebakaran," kata dia.


Menurut keterangan yang dirilis PLN, kronologis dan mitigasi gangguan IBT-2 Cawang (2/10) terjadi pada pukul 19.54 WIB GIS Cawang IBT-2 500 MVA trip, yang mengakibatkan 5 Gardu Induk (GI), di antaranya GI. Taman Rasuna (41 MW), GI. Duren Tiga (74 MW), GI. Mampang Baru (106 MW), GI. Abadi Guna Papan (23 MW), GI. Danayasa (19 MW) padam dengan beban padam 263 Mega Watt (MW).


Kurang dari 2 jam, tepatnya pukul 21.45 WIB setelah PLN melakukan manuver beban ke IBT-1 Cawang dan subsistem kelistrikan Priok, beban padam sudah normal kembali dan daerah yang mengalami padam menyala kembali.


Dipastikan bahwa IBT yang mengalami gangguan ini adalah IBT-2 Cawang, bukan IBT-1 yang mengalami gangguan beberapa waktu lalu. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya