Banyak PNS DKI Kena HIV, Ini Tanggapan Ahok

HIV
Sumber :
VIVAnews
Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja
- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kaget mengetahui hasil konseling Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi DKI Jakarta. Konseling dan survei KPA selama 2013, menemukan 56 aparatur negara di Ibu Kota positif terinfeksi HIV.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

"Wah bahaya ini. Saya baru tahu hasil ini. Mereka harus segera didampingi. Saya harap mereka mau mengubah gaya hidup dan ikut konseling termasuk pengobatan rutin," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis 24 Oktober 2013.
Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM


Menurutnya kesadaran ini harus muncul dari diri mereka yang terjangkit. Sebab, kata dia, banyak penderita HIV positif tidak sadar mereka terinfeksi. Akan membahayakan jika statusnya meningkat dari HIV menjadi AIDS. Si penderita rentan akan penyakit lain yang mengakibatkan kematian.


Soal temuan ini, Ahok mengaku tidak akan mencari tahu siapa identitas PNS bawahannya yang dinyatakan positif HIV. "Sesuai aturan, mereka tidak boleh dibuka kecuali membuka diri. Saya kemarin ikut tes dan hasilnya negatif. Tapi orang lain belum tentu mau membuka diri apalagi yang positif. Kami hormati itu," ujarnya.


Dia tidak mau ambil pusing terhadap PNS DKI yang positif HIV. Yang terpenting, kata dia, adalah kinerjanya. Selama kinerjanya baik, Pemprov DKI tidak akan mempermasalahkan. Apalagi memberi sanksi.


Sebelumnya Sekertaris Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS Provinsi DKI Jakarta, Rohana Manggala, mengatakan temuan itu berdasarkan hasil konseling yang dilakukan di seluruh insatansi negara di Jakarta."Kegiatannya dari awal tahun hingga  bulan Maret lalu," kata Rohana.


Namun dari 56 aparatur negara yang ikut konseling ia tidak bersedia menjelaskan secara detail siapa dan instansi mana saja mereka berasal. "Yang pasti banyak PNS Pemprov DKI, polisi ada. TNI juga ada. Saya harus jaga kerahasian mereka. Maaf saya tidak bisa buka rahasia ini," ujarnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya