Urai Macet di Tol, Polisi Usulkan Parkir Khusus Truk Kontainer

Ilustrasi Jalan Tol Dalam Kota.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews
Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengusulkan pembangunan kantong parkir khusus truk kontainer yang hendak masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. Itu dilakukan guna meminimalisir kemacetan pada jam-jam sibuk di ruas tol.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

"Saya mau usulkan pembuatan kantong parkir di Merak dan Cikampek dari wilayah barat dan timur Jakarta, agar di tol tak terlalu padat," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar R Nurhadi Yuwono, Jumat, 3 Januari 2014.
3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024


Jika kantong parkir sudah ada, maka jam masuk ke dalam tol bagi kontainer akan diatur berdasarkan situasi arus lalu lintas. Tak hanya itu, di sepanjang ruas tol juga akan dipasang CCTV.


"CCTV untuk mengatur jam masuk kontainer pada waktu tertentu. CCTV juga akan memandu kontainer yang akan masuk secara bertahap. Kalau integrasi baik, saya yakin akan lancar."


Kantong parkir juga diharapkan mampu mencegah kecelakaan yang melibatkan truk. Salah satu penyebab kecelakaan adalah sopir mengantuk. Dengan demikian, kantong parkir dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk beristirahat. Tempat parkir itu akan dijaga selama 24 jam.


Namun, aturan tersebut tidak berlaku bagi truk pengangkut sembako dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Saat ini, Polda Metro Jaya masih akan membahas rencana itu lebih lanjut bersama Pemda Banten dan Pemkot Karawang, serta instansi lain. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya