Kebun Binatang Ragunan Kelebihan Satwa

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta akan melakukan pertukaran satwa di Kebun Binatang Ragunan dengan kebun binatang lain di mancanegara. Hal ini dilakukan karena jumlah satwa sudah berlebihan mecapai 3.427 jenis satwa. Satwa yang jumlahnya berlebih adalah Orang Utan, Komodo, Macan Putih dan Kijang.

Dinas Kelauatan dan Pertanian DKI Jakarta akan melakukan perubahan pada master plan Kebun Binatang Ragunan secara menyeluruh untuk menata ulang kawasan yang memiliki luas 135 hektar itu.

"Berdasarkan arahan gubernur  perlu ada master plan secara menyeluruh  bukan saja menyangkut masalah tata lokasi tapi juga menyangkut masalah penataan managemennya," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Edi Setiarto di Balaikota, Selasa 7 April 2009.

Satwa yang berlebihan akan ditukar dengan jenis satwa lain agar koleksi satwa lebih bervariasi. Kerjasama akan dikembangkan antara lain dengan kebun binatang Qatar, Singapura, Hongaria, Cina, Australia.

"Juga kerjasama dengan kebun binatang di Inggris untuk mencari pasangan gorila betina," ujarnya lagi.

Tukar menukar hewan ini akan dilakukan dengan tetap meperhatikan aspek kelangkaan satwa, misalnya, orang utan yang saat ini diancam kepunahan, pihaknya tidak akan menukar dengan satwa lain.

Langkah menukar hewan diharap jumlah pengunjung Ragunan akan meningkat, sehingga pendapatan DKI juga bisa melonjak.

Langkah lain yang akan kita lakukan adalah dengan meninjau tarif tiket Ragunan yang nilainya dianggap rendah. Rp 3 ribu untuk anak-anak dan Rp 4 ribu untuk orang dewasa. Hal ini untuk mengurangi subsidi yang jumlahnya terlalu besar.

"Subsidi saat ini mencapai Rp 50 miliar untuk 2009," kata Edi lagi.

Penataan pedagang kaki lima di sekitar ragunan juga salah satu target yang akan dibereskan dengan menyediakan lokasi khusus untuk para pedagang.

Satwa-Satwa yang mengalami surplus adalah:

Satwa Jenis Primata:

1. Monyet Boti jumlahnya mencapai 18, idealnya 7 dan surplus 5 ekor.

2. Monyet Kera jumlahnya 28, idealnya 8, dan surplus 13 ekor.

3. Lutung Budeng, jumlahnya 22, idealnya 11, dan surplus 11 ekor.

4. Orang Utan Kalimantan jumlahnya 48, idealnya 15, surplus sekitar 20 ekor.

Satwa Jenis Reptil:

1. Kura-kura sawah jumlahnya 49, idealnya 10, dan surplus 29 ekor.

2. Buaya Muara jumlahnya 21, idealnya 6, dan surplus 11 ekor.

3. Komodo jumlahnya 32, idealnya 20, dan surplus 12 ekor.

Satwa Jenis Mamalia:

Beruang madu, singa afrika, harimau sumatera, gajah sumatera, kuda sandle, kuda sumbawa, babirusa, rusa timor, rusa sulwesi, rusa bawean, banteng, berang-berang, garangan merah, dan nilgai.

Satwa Jenis Aves:

Kasuari Gelambir Dua, Pelikan, Soang, Elang Bondol, Bayan Policloras, Parkit dan Kakaktua jambul kuning besar.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024