Balita yang Digunting Lidahnya Jatuh Koma

Ilustrasi gunting
Sumber :
  • Wikipedia Common
VIVAnews -
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
IQ, bocah berusia 3.5 tahun yang dianiaya oleh Dadang Supriatna (29) kini masih terbaring lemah di Ruang Paediatric Intensive Care Init (PICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, Senin 17 Maret 2014. Sebelum akhirnya tak sadarkan diri, IQ masih dapat merespon dan berkomunikasi dengan keluarganya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

"Sebelum 'koma' IQ masih memanggil-manggil mama dan opa (kakek-red). Setelah itu IQ tangan IQ seperti kejang-kejang, matanya melotot ke atas," ujar Hilman, paman IQ kepada VIVAnews, Jakarta.
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus


Pria berusia 40 tahun itu juga mengatakan bahwa setelah dapat dipindahkan ke ruang perawatan intensif khusus anak di lantai tujuh kamar 702, kondisi IQ malah kembali melemah. IQ terus mengalami kejang-kejang.


Kemudian, pihak rumah sakit pun langsung memeriksa kepala IQ yang diduga menjadi penyebab kejangnya bocah malang itu. IQ menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI).


"Kondisi IQ terus menurun, kemudian tadi sore melakukan MRI dan hasilnya anak tersebut mengalami infeksi otak," kata Direktur Itama RSUD Koja, Togi Asman Sinaga.


Alhasil, pihak rumah sakit pun terpaksa harus memindahkan IQ ke ruang ICU. IQ yang sebelumnya tak menggunakan alat bantu apapun, kini kata Hilman keponakannya itu sudah dipasang oksigen.


"Kondisinya mulai melemah dan tak ada respon yang berarti sejak hari Minggu 16 Maret 2014 sekitar pukul 04.00 WIB," ungkap Hilman.


Diberitakan sebelumnya, IQ adalah salah satu korban penganiayaan dan eksploitasi anak yang dilakukan oleh ayah angkatnya Dadang. Bocah itu disuruh mengamen di jalanan.


Ketika bocah itu menangis, menurut pengakuan Dadang, dirinya kerap menganiaya korban dengan cara menyundut dengan rokok, menendang, dan memotong lidahnya. Adanya pembengkakan di bagian alat vitalnya (testis) diduga juga karena dianianya pelaku.


IQ dirujuk ke RSUD Koja setelah diperiksa di Puskesmas di kawasan Pademangan, Jakarta Utara. Saat dibawa ke Puskesmas, IQ diketahui mengalami banyak luka yang terlihat sudah lama namun tak diobati.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya