Hari Buruh, Polri Turunkan 18 Ribu Personel

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2013 di HI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Agus Rianto, mengatakan, jelang Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2014, Polri menyiagakan belasan ribu personel. Namun, jumlah tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing wilayah.
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

"Ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Ada sekitar 18 ribu personel dari Polda Metro Jaya. Jumlah tersebut sudah mencakup semua wilayah untuk menyambut Hari Buruh," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Selasa 29 April 2014.
Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Pelaksanaan aksi demonstrasi itu, kata Agus, memiliki waktu terbatas. Sesuai dengan ketentuan undang-undang, waktu yang diizinkan adalah mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Saat ditanya berapa jumlah buruh yang akan menyalurkan aspirasinya itu, Agus mengatakan ada sekitar 3.000 orang. Akan tetapi, jumlahnya masih fluktuatif.

"Kami tidak dapat menyampaikan estimasi. Kami tak dapat menduga-duga. Akan tetapi, kami berharap pelaksanaan dapat berjalan tertib," kata dia.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Brigadir Jenderal Sujarno, mengatakan, titik fokus para demonstran ada di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Monumen Nasional, Istana Negara, dan beberapa titik lainnya.

"Terkait demo, kami sudah berkoordinasi dengan seluruh elemen buruh dan ada komitmen yang dipegang pada teman-teman (buruh). Semoga aksi ini dapat berjalan damai," kata Sujarno saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya