Arus Balik, KAI: 35 Ribu Orang per Hari Serbu Jakarta

Arus balik di Stasiun Senen, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
VIVAnews - Arus balik mudik lebaran mulai ramai. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan akan ada puluhan ribu orang yang masuk ke Jakarta pada masa tersebut.
Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy

"Kalau dari jumlah seat-nya, ada 35.444 seat per hari yang ke Jakarta," kata Kahumas DAOP I KAI Agus Komarudin, ketika dihubungi melalui telepon pada Kamis, 31 Juli 2014.
Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar

Agus mengatakan, selama dua hari, per tanggal 29-30 Juli 2014, jumlah pemudik telah menyentuh angka puluhan ribu orang pada arus balik.
Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

"Arus balik sampai tadi mulai meningkat rata-rata masih sekitar Jakarta. Tanggal 29 Juli itu ada 16 ribu penumpang. Tanggal 30 Juli mencapai 30 ribu orang lebih," kata dia.

Selain itu, Agus mengatakan bahwa pihaknya menyediakan rangkaian kereta dan kapasitas angkutan pada arus balik, sama dengan arus mudik. Tapi, kalau dilihat dari pemesanan tiket, dia mengatakan calon penumpang menaruh minat pada keberangkatan tanggal 1-3 Agustus untuk arus balik.

"Kalau dilihat keinginan kembali ke Jakarta, ya, tanggal 1-3 Agustus itu permintaan yang cepat habis," ujar dia.

Sekadar informasi, di daerah DAOP I Jakarta, ada 68 rangkaian kereta yang beroperasi selama Lebaran, yang merupakan kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi. 68 kereta tersebut, terdiri atas 54 rangkaian kereta api reguler dan 14 rangkaian kereta tambahan. 

"Di Stasiun Gambir ada lima kereta tambahan dan di Senen (Stasiun Pasar Senen) ada 14 kereta tambahan," ujarnya. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya