Ricuh, Demo FPI Tolak Ahok Jadi Gubernur

Demo FPI Tolak Ahok Jadi Gubernur
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Aksi demonstrasi yang digelar ratusan massa Front Pembela Islam (FPI) untuk menolak pelantikan Wakil Gubernur Basuki Tjahaj Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo berakhir ricuh.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Berdasarkan pantuan, aksi yang digelar di depan Gedung DPRD DKI Jakarta tersebut mulanya berjalan dengan tetap memperhatikan arahan dari pihak kepolisian. Namun sekitar pukul 14.00 WIB, seorang komando massa tersebut meminta massa untuk maju dua langkah ke arah gedung DPR DKI.

"Mari semuanya, maju dua langkah," ucap sang Komanda, diikuti dua langkah maju ratusan massa tersebut.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Perintah untuk lebih mendekat ke gedung wakil rakyat itu membuat pasa massa semakin berdekatan dengan para personel kepolisian yang bersiaga berbentuk pagar betis di depan gedung tersebut.

Sembari berteriak lantang menolak pelantikan Ahok, massa juga mendorong pagar pintu masuk gedung DPRD DKI. Diduga, sejumlah personel kepolisian ikut terpancing dengan tingkah massa FPI, akhirnya melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan gas air mata ke arah kerumunan massa tersebut.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Melihat tindakan aparat itu, massa FPI pun semakin beringas dengan melempar batu dan kayu kearah barisan pihak kepolisian. Bahkan, sejumlah massa FPI berhasil menembus pagar pintu masuk gedung DPRD, beberapa di antaranya juga berlarian ke dalam gedung tersebut.

Pengamanan Gedung KPU

4.266 Personel Gabungan Kawal Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Polisi siap memberikan pengamanan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang bakal menggelar penetapan pemenang Pemilihan Umum presiden dan wakil presiden 2024, hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024